Efektifitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam Pendekatan Konstruktivis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik

Darmawati Darmawati(1*),

(1) Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i2.9993

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menemukan dan menjelaskan efektifitas penggunaan LKPD dengan pendekatan konstruktivis dalam meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Watampone. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas  dengan dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap. Unit analisis penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Watampone Kabupaten Bone  Provinsi Sulawesi Selatan. Unit analisis penelitian terdiri dari 37 peserta didik,  19 perempuan dan 18 laki-laki. Sumber data diperoleh dari  hasil tes, observasi, dan respon peserta didik yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (i) efektifitas penggunaan LKPD dalam pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan motivasi belajar ekonomi peserta didik dari rata-rata 66,98 meningkat 71,25, kategori sangat tinggi 6 menjadi 10 peserta didik ; (ii) efektifitas penggunaan LKPD dalam pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan aktivitas belajar ekonomi peserta didik dari aktif menjadi sangat aktif; (iii) efektifitas penggunaan LKPD dalam pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik, rata-rata Pratindakan 40,65 kategori “kurang” Siklus I 74,16 kategori “cukup” dan Siklus II  81,51 kategori “baik”. (iv) respon positif peserta didik terhadap penggunaan LKPD dalam pendekatan konstruktivis rata-rata  95,71% dan 4,29% respon negatif dari 10 aspek yang ditanyakan.

Keywords


Konstruktivis, LKPD, SMA Negeri 4 Watampone

Full Text:

PDF

References


Abdulrrahman. M. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Annafi Nurfidianty. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Temokimia Kelas XI SMA/MA.

(Online), perpustakaan.uns.ac.id

Digilib.uns.ac.id, Diakses 16 Mei 2016.

Arikunto Suharsimi., Suhardjono., &Supardi. ( 2015). Penelitian Tindakan Kelas. (Edisi Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asmawati. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran LC 5E Dan TSTS Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar. (Online),Vol.5 No. I

journal.unnes.ac.id, Diakses 16 Mei 2016.

Dahlan Ahmad. 2014. Pendekatan Konstruktif dalam Proses Belajar (Online). (http://www.eurekapendidikan.com/2014/10/pendekatan-konstruktif-dalam-proses.html, Diakses 7 Desember 2015).

Depdiknas. 2006. Bunga Rampai Keberhasilan dalam Pembelajaran (SMA SMK dan SLB). Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2007). Kajian kebijakan kurikulum mata pelajaran matematika. Jakarta: Depdiknas balitbang Puskur.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Dikdasmen Depdiknas.

Dimyati. Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimyati. Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dirman Djahura. 2012. Konsep Hasil Belajar. (Online).

http://dirman-djahura.blogspot.co.id/2012/09/konsep-hasil-belajar.html. Diakses 11 Desember 2015

Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayat, R. 2013. Pengembangan LKS Beracuan Pendekatan Penemuan Terbimbing pada Materi Segi Tiga untuk Siswa Kelas VII SMP.

IGAK Wardhani, dkk. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. (Edisi I). Jakarta:

Universitas Terbuka. Depdiknas.

Kemendikbud. 2013. Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Khodijah Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Knight, J. 2009.Cooperative Learning. Diakses Tanggal 5 Agustus 2015 dari www instructionalcoach.Org.

Majid Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Martiyono. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Asmaja Pressindo.

Moejiono. 1991. Setrategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan

Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disetasi tidak diterbitkan. PPs Universitas Negeri Surabaya.

Nurhajati .(2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivisme dengan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Cabri 3D Terhadap Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya. (Online), Vol. 1 No. 1

Pasca.ut.ac.id, Diakses 16 Mei 2016.

Pius A. Partanto & M. Dahlan Al Barry. 2001. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.

Prastowo Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Program Pascasarjana. 2012. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Riyanto. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Prestasi Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Sekolah Menengah Atas. (Online),Vol.5 No. 2

Ejournal.unsri.ac.id, Diakses 16 Mei 2016.

Rosidah. (2013). Keefektifan Pembelajaran Pogil Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pokok Peluang. (Online),Vol.4 No. I journal.unnes.ac.id, Diakses 16 Mei 2016.

Salirawati, D. 2010. Penyusunan dan Kegunaan LKS dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak diterbitkan.

Santrock John W. 2011. Psikologi pendidikan. Jakarta: Edisi Kedua Kencana.

Schunk, Dale H., Paul R. Pintrich., & Judith L. Meece. 2012. Motivasi dalam Pendidikan, Teori, Pendidikan dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks.

Slavin Robert E. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sudjana Nana. 2004. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sudjana Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV).

Bandung: Remaja Rosda Karya.

Syamsurizal. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Non Eksperimen Untuk Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI IPA SMA N 8 Muaro Jambi. (Online), Vol. 6 No. 2

Online-journal.unja.ac.id, Diakses 16 Mei 2016.

Tampubolon Saur. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahidmurni, Alifin Mustikawan, & Ali Ridho. 2010. Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.

Wahyu Adji. Suewerli. Suratno; 2007. Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas XII.

Jakarata : Erlangga.

Widjajanti. 2008. Makalah Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah disampaikan dalam kegiatan... Pengabdian Masyarakat di Ruang Sidang Utama FMIPA UNY. Pada tanggal 22 Agustus 2008.

Widyantini, T. 2013. Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai Bahan

Ajar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 2969 times | PDF view : 348 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: