Efektifitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam Pendekatan Konstruktivis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik
(1) Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i2.9993
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulrrahman. M. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Annafi Nurfidianty. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Temokimia Kelas XI SMA/MA.
(Online), perpustakaan.uns.ac.id
Digilib.uns.ac.id, Diakses 16 Mei 2016.
Arikunto Suharsimi., Suhardjono., &Supardi. ( 2015). Penelitian Tindakan Kelas. (Edisi Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asmawati. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran LC 5E Dan TSTS Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar. (Online),Vol.5 No. I
journal.unnes.ac.id, Diakses 16 Mei 2016.
Dahlan Ahmad. 2014. Pendekatan Konstruktif dalam Proses Belajar (Online). (http://www.eurekapendidikan.com/2014/10/pendekatan-konstruktif-dalam-proses.html, Diakses 7 Desember 2015).
Depdiknas. 2006. Bunga Rampai Keberhasilan dalam Pembelajaran (SMA SMK dan SLB). Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2007). Kajian kebijakan kurikulum mata pelajaran matematika. Jakarta: Depdiknas balitbang Puskur.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Dikdasmen Depdiknas.
Dimyati. Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dimyati. Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dirman Djahura. 2012. Konsep Hasil Belajar. (Online).
http://dirman-djahura.blogspot.co.id/2012/09/konsep-hasil-belajar.html. Diakses 11 Desember 2015
Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hidayat, R. 2013. Pengembangan LKS Beracuan Pendekatan Penemuan Terbimbing pada Materi Segi Tiga untuk Siswa Kelas VII SMP.
IGAK Wardhani, dkk. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. (Edisi I). Jakarta:
Universitas Terbuka. Depdiknas.
Kemendikbud. 2013. Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Khodijah Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Knight, J. 2009.Cooperative Learning. Diakses Tanggal 5 Agustus 2015 dari www instructionalcoach.Org.
Majid Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Martiyono. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Asmaja Pressindo.
Moejiono. 1991. Setrategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan
Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disetasi tidak diterbitkan. PPs Universitas Negeri Surabaya.
Nurhajati .(2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivisme dengan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Cabri 3D Terhadap Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya. (Online), Vol. 1 No. 1
Pasca.ut.ac.id, Diakses 16 Mei 2016.
Pius A. Partanto & M. Dahlan Al Barry. 2001. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.
Prastowo Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Program Pascasarjana. 2012. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Riyanto. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Prestasi Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Sekolah Menengah Atas. (Online),Vol.5 No. 2
Ejournal.unsri.ac.id, Diakses 16 Mei 2016.
Rosidah. (2013). Keefektifan Pembelajaran Pogil Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pokok Peluang. (Online),Vol.4 No. I journal.unnes.ac.id, Diakses 16 Mei 2016.
Salirawati, D. 2010. Penyusunan dan Kegunaan LKS dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak diterbitkan.
Santrock John W. 2011. Psikologi pendidikan. Jakarta: Edisi Kedua Kencana.
Schunk, Dale H., Paul R. Pintrich., & Judith L. Meece. 2012. Motivasi dalam Pendidikan, Teori, Pendidikan dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks.
Slavin Robert E. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Sudjana Nana. 2004. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sudjana Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV).
Bandung: Remaja Rosda Karya.
Syamsurizal. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Non Eksperimen Untuk Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI IPA SMA N 8 Muaro Jambi. (Online), Vol. 6 No. 2
Online-journal.unja.ac.id, Diakses 16 Mei 2016.
Tampubolon Saur. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahidmurni, Alifin Mustikawan, & Ali Ridho. 2010. Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.
Wahyu Adji. Suewerli. Suratno; 2007. Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas XII.
Jakarata : Erlangga.
Widjajanti. 2008. Makalah Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah disampaikan dalam kegiatan... Pengabdian Masyarakat di Ruang Sidang Utama FMIPA UNY. Pada tanggal 22 Agustus 2008.
Widyantini, T. 2013. Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai Bahan
Ajar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Article Metrics
Abstract view : 2380 times | PDF view : 249 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration review editorial :