Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan SAINTIFIK Terhadap Hasil Belajar IPS Di SDN 197 Duampanua Kabupaten Pinrang

Sriwahyuni Kadir Putri(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i1.8265

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) hasil belajar IPS peserta didik Kelas V SDN 197 Duampanua Kabupaten Pinrang melalui Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik; (ii) hasil belajar IPS peserta didik Kelas V SDN 197 Duampanua Kabupaten Pinrang melalui Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Konvensional; (iii) perbedaan hasil belajar IPS peserta didik Kelas V SDN 197 Duampanua Kabupaten Pinrang melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik dan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Konvensional. Jenis penelitian merupakan eksperimen, dengan model Quasi Experimental Design. Instrumen penelitian berupa test hasil belajar (pretest dan posttest), dan lembar kegiatan aktivitas siswa. Data dianalisis dengan menggunakan statistitik deskriptif seperti mendeskripsikan hasil belajar peserta didik. Analisis statistik inferensial (uji-t) digunakan untuk melihat pengaruh Pendekatan Saintifik Dan Model Pembelajaran Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPS peserta didik Kelas V SDN 197 Duampanua Kabupaten Pinrang setelah menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik berada pada kategori sangat tinggi (2) hasil belajar IPS peserta didik Kelas V SDN 197 Duampanua Kabupaten Pinrang melalui Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Konvensional berada pada kategori cukup dan tinggi. (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPS peserta didik Kelas V SDN 197 Duampanua Kabupaten Pinrang melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik dan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Konvensional


Keywords


Pengaruh Pendekatan Saintifik; Model Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta

Eggen, Paul dan Kauchak, Don. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks

Munandi, Y.(2008). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta

Sudjana. (2000). Metode Statistik, Tarsito. Bandung

Tukiran, T. Dkk. (2012). Metode-metode Pembelajaran Inovatif . Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003), Jakarta : Depdiknas

Uno, Hamzah B. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Yaba. (2006). Ilmu Pengetahuan Sosial 1. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Makassar


Article Metrics

Abstract view : 224 times | PDF view : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: