Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan SAINTIFIK Terhadap Hasil Belajar IPS Di SDN 197 Duampanua Kabupaten Pinrang
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i1.8265
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) hasil belajar IPS peserta didik Kelas V SDN 197 Duampanua Kabupaten Pinrang melalui Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik; (ii) hasil belajar IPS peserta didik Kelas V SDN 197 Duampanua Kabupaten Pinrang melalui Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Konvensional; (iii) perbedaan hasil belajar IPS peserta didik Kelas V SDN 197 Duampanua Kabupaten Pinrang melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik dan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Konvensional. Jenis penelitian merupakan eksperimen, dengan model Quasi Experimental Design. Instrumen penelitian berupa test hasil belajar (pretest dan posttest), dan lembar kegiatan aktivitas siswa. Data dianalisis dengan menggunakan statistitik deskriptif seperti mendeskripsikan hasil belajar peserta didik. Analisis statistik inferensial (uji-t) digunakan untuk melihat pengaruh Pendekatan Saintifik Dan Model Pembelajaran Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPS peserta didik Kelas V SDN 197 Duampanua Kabupaten Pinrang setelah menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik berada pada kategori sangat tinggi (2) hasil belajar IPS peserta didik Kelas V SDN 197 Duampanua Kabupaten Pinrang melalui Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Konvensional berada pada kategori cukup dan tinggi. (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPS peserta didik Kelas V SDN 197 Duampanua Kabupaten Pinrang melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik dan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Konvensional
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta
Eggen, Paul dan Kauchak, Don. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks
Munandi, Y.(2008). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta
Sudjana. (2000). Metode Statistik, Tarsito. Bandung
Tukiran, T. Dkk. (2012). Metode-metode Pembelajaran Inovatif . Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003), Jakarta : Depdiknas
Uno, Hamzah B. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Yaba. (2006). Ilmu Pengetahuan Sosial 1. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Makassar
Article Metrics
Abstract view : 300 times | PDF view : 76 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: