Pengaruh Pengelolaan Kelas, Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Di Kelas IV SDN Se-Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i1.8264
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar IPS peserta didik di kelas IV SDN Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo, (2) Besar pengaruh pemanfaatan sarana terhadap hasil belajar IPS peserta didik di kelas IV SDN Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo, (3) Adanya hubungan determinan positif antara pengaruh pengelolaan kelas, pemanfaatan sarana dan prasarana terhadap hasil belajar IPS pada peserta didik di kelas IV SDN Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif jenis regresi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuisioner dan buku laporan peserta didik setiap semester atau nilai ulangan tengan semester. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Instrumen penelitian berupa angket yang telah di validasi oleh validator, sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) Berdasarkan hasil uji T diperoleh besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo sebesar 93,12%, (2) Besar pengaruh pemanfaatan sarana dan prasarana berpengaruh terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo sebesar -27,6%, (3) Hasil uji T menunjukkan Pengelolaan kelas sangat determinan terhadap hasil belajar IPS pada peserta didik di kelas IV SDN se-Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo sebesar (93,12%), sedangkang pemanfaatan sarana dan prasarana mempunyai pengaruh sebesar -27,6%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh pengaruh pengelolaan kelas, pemanfaatan sarana dan prasarana terhadap hasil belajar IPS pada peserta didik di kelas IV SDN Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (1997). Prosedur Penelitian Revisi V.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bafadal, I. Manajeman Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya.: Bumi Aksar. Jakarta. 2014
Barnawi & Arifin,M. 2014. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Depdiknas. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Ilmu. Bandung: Pustaka setia.
Mulyani Sumantri & Johar Permana. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Dirjendikti.
Mustari, M. Manajemen Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 2014
Moh. Uzer Usman. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Sekolah/Madrasah Pendidikan Umum.
Rusdhye, S. (2011). Prinsip-prinsip Manajemen Kelas. Jogjakarta: Diva Pres.
Susanto, (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: kencana.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sahabuddin. (2007). Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Susanto, A. (2014), Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group Jakarta.
Tri Mulyani.W, V. (2001). Pengelolaan Kelas (Classroom Management). Yogyakarta.
Tim Penyusun Program Pascasarjana UNM. 2014. Pedoman Penulisan TesisMakassar: Panrita Press Unismuh Makassar.
Article Metrics
Abstract view : 517 times | PDF view : 42 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: