Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Integrasi Nilai – Nilai Karakter) Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Sudirman II Makassar

Nurul Istiqamah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i1.8263

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi pengintegrasian nilai-nilai karakter peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas IV/V SDN Sudirman II Makassar, (2) Bentuk penilaian nilai-nilai  karakter peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas IV/V SDN Sudirman II Makassar, (3) Faktor yang mempengaruhi pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS di kelas IV/V SDN Sudirman II Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah  deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian. Data yang diperoleh melalui dua sumber yaitu informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, penilaian proses belajar dan dokumentasi. Pengabsahan data di lakukan dengan perpanjang pengamatan (prolonged engagement), meningkatkan ketekunan (persistent observation), dan triangulasi (peer debriefing). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS di lakukan beberapa tahap  pertama, pada kegiatan awal adalah membudayakan berdoa sebelum belajar. Kedua, membahas materi pelajaran sesuai dengan perangkat pembelajaran silabus dan RPP berdasarkan kurikulum 2013 yang di integrasikan nilai-nilai karakter kedalam pembelajaran IPS. Ketiga, guru memotivasi murid untuk lebih giat belajar, kemudian guru menutup pelajaran dengan membaca do’a. (2) Faktor yang mempengaruhi pengintegrasian nila-nilai karakter adalah karena Adanya paradigma yang sama antara kepala sekolah dan guru tentang pengintegrasian  nilai-nilai karakter peserta didik terhadap pembelajaran IPS.

Keywords


Nilai – nilai karakter; Pembelajaran IPS.

Full Text:

PDF

References


Djahiri. 1978. Konsep Nilai karakter Jakarta: Prima Pustaka.

Indonesia Heritage Fondation. 2003. Pendidikan 9 Pilar Karakter. “Membangun Bangsa Berkarakter”. Jakarta: Indonesia Heritage Fondation

Joshi, Murli Manohar. 2002. Philosophy of Value Oriented Education Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa.(Jakarta: Kemendiknas, 2010)

Kemendiknas, 2010.Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama.Jakarta: Direktorat Jenderal manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah; Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Kertajaya, Hermawan. 2010. Pendidikan Karakter Perspektif Islam Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Machasin, 2005.Respons Pesantren terhadap Civic Values Pusat Kajian Dinamika Agama, Budaya dan Masyarakat.Banten dan Tasikmalaya.

Majid, Abdul. Dkk. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Maksudin, 2013.Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Megawangi, Ratna. Dkk. 2004.Pendidikan Karakter. Jakarta: Indonesia Heritage Fondation.

Moleong, J. Lexy. 2010. Metode Penelitian Kualitataif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, R. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Mulyana, Rohmat 1993. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Parnwell, Hornby . 2012. Konsep Dasar Pendiddikan Karakter Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Richard. 1995. Butir-butir Nilai Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyanto. 2008. Urgensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen pendidikan Dasar dan Menengah.


Article Metrics

Abstract view : 938 times | PDF view : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: