Pengaruh Iklim Sekolah dan Kreativitas Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar IPS Peserta Didik di SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar

Hartinawanti Hartinawanti(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i1.8017

Abstract


Penelitian ini bertujuan (i) mengetahui pengaruh antara iklim sekolah terhadap prestasi belajar IPS; (ii) mengetahui pengaruh antara kreativitas pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS; dan (iii) mengetahui  pengaruh secara bersama-sama antara iklim sekolah dan kreativitas pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS di SD Kartika Jaya XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Metode Penelitian menggunakan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasinya adalah seluruh siswa SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar yang berjumlah 265 orang Tahun Ajaran 2018. Teknik penyampelan yang digunakan adalah multistage random sampling sehingga diperoleh sebanyak 159 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS, Hal ini menunjukkan bahwa jika iklim sekolah kondusif maka prestasi belajar peserta didik juga akan tinggi; kreativitas pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS, hal ini menunjukkan bahwa jika kreativitas pembelajaran tinggi maka prestasi belajar peserta didik juga tinggi; Iklim sekolah dan kreativitas pembelajaran bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS peserta didik di SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar, hal ini menunjukkan bahwa interaksi antara iklim sekolah dan kreativitas pembelajaran akan menunjukkan prestasi belajar peserta didik yang tinggi.


Keywords


iklim sekolah; kreativitas pembelajaran; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad, dan Mohammad Asrori. 2014. Psikologi Remaja dan Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Corey, Gerald. 2011. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock, Elizabeth B. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Milner, Karen, dan Harriet Khoza. 2008. A Comparison of teacher Sress and School Climate Across Schools with Different Matric Success Rates. South African Journal of Education (Online), Vol. 28: 155–73. (http://ajol.info/index.php/saje/article/viewfile/25151/4350, Diakses 20 Februari 2018).

Moedjiarto, 2002. Sekolah Unggul. Surabaya: Duta Graha Pustaka.

Mulyasa, H.E. 2016. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Munandar, Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursisto. 2002. Peningkatan Prestasi Sekolah Menengah. Jakarta: Insan Cendikia.

Riyanto, Yatim. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Santrock, John W. 2013. Life-span Development, Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Semiawan, Conny R. 2009. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: PT Indeks.

Stichter, Kenneth. 2008. Studebt School Climate Perceptions as a Measure of School Distric Goal Attainment. Journal of Education Research & Policy Studies. Vol 8 (1). 44-46.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Tirtiana, Chandra Putri. 2013. Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Peserta didik Kelas X Akt SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening). Economic Education Analysis Journal (Online), Vol. 2 (2). (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj, Diakses 04 Mei 2018).

Tutriyanti, Dwi Halima. 2017. “Pengaruh Iklim Sekolah dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (Online), Vol. 9 (2). (http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI, Diakses 04 Mei 2018).


Article Metrics

Abstract view : 675 times | PDF view : 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: