PENERAPAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 28 HALMAHERA SELATAN

Rumiyati Rumiyati(1), Rusman Rasyid(2*), Endang Purwati(3),

(1) Universitas Khairun
(2) Universitas Khairun
(3) Universitas Khairun
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v8i2.74591

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X SMA Negeri 28 Halmahera Selatan melalui penerapan media gambar sebagai alat bantu pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta dokumentasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dari siklus I ke siklus II, dengan persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 43% menjadi 83%. Peningkatan ini didukung oleh peningkatan partisipasi aktif siswa dan pengelolaan pembelajaran yang lebih baik oleh guru. Kesimpulannya, penggunaan media gambar efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa pada materi Geografi, khususnya materi dinamika hidrosfer dan konservasi perairan laut. Penelitian ini merekomendasikan penerapan media gambar secara konsisten sebagai strategi pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

This study aims to improve student learning outcomes in Geography for Grade X at SMA Negeri 28 Halmahera Selatan through the use of visual media as an instructional aid. The research employed a Classroom Action Research (CAR) approach, conducted in two cycles, each consisting of planning, action, observation, and reflection stages. Data were collected using learning outcome tests, observation sheets for teacher and student activities, and documentation of the learning process. The results show a significant improvement in student achievement from Cycle I to Cycle II, with the percentage of students achieving mastery increasing from 43% to 83%. This improvement was supported by increased student participation and better classroom management by the teacher. In conclusion, the use of visual media proved effective in enhancing students' conceptual understanding and motivation in learning Geography, particularly on the topics of hydrosphere dynamics and marine water conservation. The study recommends the consistent use of visual media as an innovative learning strategy to enhance both the quality of instruction and student learning outcomes.


Keywords


Media Gambar; Hasil Belajar; Geografi; Visual Media; Learning Outcomes; Geography

Full Text:

PDF

References


Ali, Gani. 2013. “Prinsip-Prinsip Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pendidik Dan Peserta Didik.” Al-Ta’dib 6(1):31–42.

Amanda, Dila Rizki. 2024. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa.” Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 3(2):185–99.

Amrullah, Lalu Juniardiansah. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Kelas IVA SDN 1 Banjar Jawa Tahun Pelajaran 2017/2018.” Jurnal Ilmiah Pendidikan

Profesi Guru 1(1):80–93.

Indah, Reski Alma, and Muhyiatul Fadilah. 2024. “Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Literasi Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA:(Literature Review: The Influence of Visual Literacy Learning Media on High School Students Biology Learning Outcomes).” BIODIK 10(2):188–98.

Karjanto, N., and M. J. Acelajado. 2022. “Sustainable Learning, Cognitive Gains, and Improved Attitudes in College Algebra Flipped Classrooms. Sustainability, 14 (19), 12500.”

Putra, Bayu Mega. 2023. “PENGARUH AKTIVITAS FISIK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS V.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(2):1374–81.

Rivaldo, Muhammad Israj Adnan, Warsono Warsono, and Agus Cahyadin. 2023. “UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 3 CIAMIS.” Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi 11(1):103–11.

Sari, Fajarani Wahyu Praptika, and Baiq Niswatul Khair. 2022. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik.” Journal of Classroom Action Research 4(4):117–22.


Article Metrics

Abstract view : 14 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: