PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA SECARA PARSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FEB UNM
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i3.69918
Abstract
Hasil belajar merupakan hasil maksimum yang diperoleh dari kegiatan belajar yang dilakukan seseorang, hasil tersebut diberikan berdasarkan atas pengukuran tertentu. Hasil belajar mahasiswa bukan hanya dapat dipengaruhi oleh kecerdasan emosioanl, kecerdasan spritual, dan minat belajar. Akan tetapi lingkungan keluarga dapat juga mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FEB UNM. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan logika/penalaran deduktif kuantitatif, dan juga menggunakan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual, Minat Belajar, dan Lingkungan Kelurga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FEB UNM.
Learning outcomes are the maximum results obtained from learning activities carried out by someone, these results are given based on certain measurements. Student learning outcomes can not only be influenced by emotional intelligence, spiritual intelligence, and learning interests. However, the family environment can also affect student learning outcomes. This study aims to analyze the influence of the Family Environment on the Learning Outcomes of Students of the Economic Education Study Program, FEB UNM. This research method uses a quantitative research approach with quantitative deductive logic/reasoning, and also uses a descriptive research type. The results of this study indicate that partially and simultaneously show that Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, Learning Interests, and Family Environment have a positive and significant effect on the learning outcomes of students of the Economic Education Study Program, FEB UNM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Devi Indawati, 2018. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Pemanfaatan Internet Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015. (Volume 6 Nomor 3 Tahun 2018).
Helena Rosalia Parera, 2020. Kecerdasan Spritual dan Lingkungan Keluarga Mempengaruhi Hasil Belajar IPS Ekonomi. (Volume 5, Nomor 1, Juni 2020 E-ISSN 2722-3353).
Husnan Jamil dan Fefri Indra Azra, 2014. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Solok Selatan. Vol.2 No.2 (85 - 98)
Husnan Jamil dan Fefri Indra Azra, 2014. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Solok Selatan. Vol.2 No.2 (85 - 98)
Kasih Haryo Basuki, 2015. Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. (Vol-120-133, 2015)
Ni Made Hartini Putri dan Ni Luh Putu Cahayani, 2021. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Pada Kelas XII SMK PGRI 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021. (Vol.2 No.1 September 2021, e-ISSN 2774-2415, p-ISSN 2775-4081).
Nurhasanah, 2021. Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Sriwijaya Angkatan 2018.
Nur Hikma Jihad, 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sdn 263 Bonto Baru Kabupaten Jeneponto.
Qristalia Putri Gayo Arillo, 2020. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ppkn Kelas Iv Sd Se-Dabin I Kecamatan Margadana Kota Tegal.
Rafida Ramania, 2019. Pengaruh Kecerdasan Spritual terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Pondok Pesantren Putri AL-Hikmah AL-Fathimiyyah Malang.
Sayidah Meyanasari dan Widiyanto, 2017. Pengaruh Minat Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ipsman 1 Kota Magelang Tahun Ajaran 2015/2016. (p-ISSN 2252-6544, e-ISSN 2502-356X)
Sigit Priyono, 2017. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Di Kelas Xi Ma Al Fattah Sumbermulyo. (Volume 1, No. 1, Februari 2017: Page 1-10).
Slameto 2010. Belajar dan Faktor– Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukarmi, 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn Gentungang Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa.
Vovi Sinta B, 2017. Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Sma Bina Jaya Palembang. (Volume 1, No. 1, Februari 2017: Page 11-20).
Article Metrics
Abstract view : 26 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: