PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA PROGAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI

Hernita Pasongli(1*), Hafiziani Eka Putri(2), Eva Marthinu(3), Mustia Arif(4),

(1) Universitas Khairun Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Khairun
(4) Universitas Khairun
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v8i1.68385

Abstract


Minat belajar memiliki pengaruh yang sangat besar dalam proses pembelajaran. Dengan adanya minat, semangat belajar siswa cenderung meningkat, sehingga dapat berdampak positif pada hasil belajar mereka. Sebaliknya, jika seorang siswa tidak memiliki minat terhadap suatu mata pelajaran, mereka cenderung tidak termotivasi untuk belajar dengan baik. Akibatnya, siswa mungkin merasa bosan dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Kosmografi. Jenis penelitian yaitu ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi yang mengontrak matakuliah kosmografi dengan sampel penelitian berjumlah 29 orang. Pengambilan data dengan menggunakan angket dan Hasil tes UAS. Hasil Penelitian diperoleh persamaan Ŷ=0,074+59,669x berarti bahwa setiap kenaikan satu unit variable minat belajar akan menyebabkan peningkatan pada hasil belajar sebesar 59,669 unit. Kekuatan pengaruh dari minat belajar terhadap hasil belajar juga ditunjukkan dengan hasil perhitungan koefisien jalur sebesar 2,8% yang berkategori rendah. Hal ini berarti minat belajar mahasiswa memberi kontribusi sebesar 2,8% terhadap hasil belajar cosmografi, sedangkan 97,2% hasil belajar matematika dipengaruhi faktor-faktor lain. Perlu adanya penelitian lanjutan untuk mengetahui factor apa saja yang dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan geografi selain minat belajar.

Learning interest has a huge influence on the learning process. With interest, students' enthusiasm for learning tends to increase, so it can have a positive impact on their learning outcomes. Conversely, if a student has no interest in a subject, they are less likely to be motivated to learn well. As a result, students may feel bored and less engaged in learning. The purpose of this study was to determine the effect of learning interest on Cosmography learning outcomes. The type of research is ex post facto with a quantitative approach. The population in this study were Geography Education Study Program students who contracted cosmography courses with a research sample of 29 people. Data collection using questionnaires and UAS test results. The results of the study obtained the equation Ŷ = 0.074 + 59.669x means that each increase of one unit of learning interest variable will cause an increase in learning outcomes by 59.669 units. The strength of the influence of learning interest on learning outcomes is also indicated by the results of the calculation of the path coefficient of 2.8% which is categorized as low. This means that student learning interest contributes 2.8% to cosmography learning outcomes, while 97.2% of math learning outcomes are influenced by other factors. Further research is needed to find out what factors can affect the learning outcomes of students of geography education study programs other than learning interes.


Keywords


Minat Belajar; Hasil belajar Mahasiswa; Study Interest; Student Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Ainley, M., Hillman, K., & Hidi, S. (2002). Gender and Interest Processes in Response to Literary Texts: Situational and Individual Interest. Learning and Instruction , 12, 411-428.

Ainley, M., & Hidi, S. (2014). Interest and enjoyment. In R. Pekrun & L. Linnenbrink-Garcia (Eds.), International handbook of emotions in education (pp. 205–227). Routledge/Taylor & Francis Group.

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Emzil. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta; Raja Grafindo Persada

Fadillah, Ahmad. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Volume 1 Nomor 2.

Fatimah, Waddi., Abustang Bte, Perawati & Supardi, R. 2022. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajat IPS. Jurnal Kajian Pendidikan dasar. Vol 7 (1); pp 28-35

Fikrie &Ariani, Lita. 2021. Keterlibatan Siswa (Student Engagement) di Sekolah Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Keberhasilan Siswa di Sekolah. Proseding Seminar Nasional & Call Paper.

https://www.researchgate.net/publication/350544600_KETERLIBATAN_SISWA_STUDENT_ENGAGEMENT_DI_SEKOLAH_SEBAGAI_SALAH_SATU_UPAYA_PENINGKATAN_KEBERHASILAN_SISWA_DI_SEKOLAH.

Haefa, Darmawan. 2023. The Relationship Between Student’s Interest Learning and Mathematich Learning Outcomes. Jurnal pendidikan Matemnatika (AROFE). Vol 2 (2); pp 1-11

Korompot, Salim., Rahim, Maryam & Pakaya, Rahmat. 2020. Presepsi Siswa tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. Jambura Guidance and Counseling Journal. Vol 1 (1); pp 40-48.

Muliadi, Rahmad., Basri, Hasan & Pratiwi, Indah,. 2022. Strategi Guru Untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Education Journal of Indonesia. Volu 3 (2); pp 28-32

Nugroho, M. Agil., Muhajang, Tatang & Budiana, Sandi. 2020. Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil belajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda). Vol 3 (1); pp 42-46.

Riadin, Agung & Estimurti, Sri, ending. 2022. Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik pada Era Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah PGSD (Holistika). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/13625

Ricardo & Meilani Intansari, Rini. 2017. Impak Minat dan Motivasi belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan Menejemen Perkantoran. Vol. 2 (2), pp 188-201.

Sukmadinata, Nana. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Remaja Rosdakarya

Wijaya, P, Oktaviani & Bukhori, Iman. 2017. Effect og learning Motivastion, Family Factor, Scholl Factor and Community Factor on Student Learning Outcomes on Productive Subjects. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Menejemen. Vol 3 (3); pp 192-202.


Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: