PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER KEISLAMAN DAN PERILAKU PROSOSIAL TERHADAP KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIDK DI SMPIT AL-HIKMAH PANGKEP

Fahima Syahrul(1*), Najamuddin Najamuddin(2), Sirajuddin Saleh(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i3.66648

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter keislaman dan perilaku prososial terhadap karakter religius peserta didik di SMPIT Al Hikmah Pangkep. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMPIT Al Hikmah Pangkep yang berjumlah 85 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,kusioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif,uji asumsi klasik,dan uji hipotesis degan bantuan program SPSS.Hasil penelitian ini menujukkan bahwa angket yang disebarkan oleh peneliti telah valid dan realiable. Uji normalitas menunjukkan bahwa data peneltiian ini telah terdistirbusi normal, tidak terjadi multikolinearitas antar variabel bebas dalam model regresi, sehingga seluruh variabel bebas dapat digunakan  dan berarti tidak teriadi heterokedastisitas pada model regresi sehingga model regresi layak dipakai untuk variabel Pendidikan Karakter Keislaman dan Perilaku Prososial yang menginterpretasikan variabel Karakter Religius.

This study aims to determine the effect of Islamic character education and prosocial behavior on the religious character of students at SMPIT Al-Hikmah Pangkep. It is a quantitative research study that involves all 85 students at SMPIT Al-Hikmah Pangkep. Data was gathered through observation, questionnaires, and documentation. The data was analyzed using descriptive analysis, classical assumption testing, and hypothesis testing with the SPSS program. The results of the study indicate that the questionnaire used in the research was valid and reliable, and the data collected was normally distributed. The regression model showed no multicollinearity among independent variables, indicating that all independent variables could be used. Additionally, there was no heteroscedasticity in the regression model, suggesting that the model is suitable for interpreting the variables of Islamic Character Education and Prosocial Behavior that influence the Religious Character variable.


Keywords


Islamic Character Education; Prosocial Behavior; Religious Character; Pendidikan Karakter Keislaman; Perilaku Prososial; Karakter Religius

Full Text:

PDF

References


Karakter Dalam Perspektif Islam. Insan Citra Utama.

Achmad As’ad Abd. Aziz, A. N. M. (2022). Kritik Budaya Moralitas Pendidikan Sekolah Prespektif Neil Postman dan Azyumardi Azra. Journal of Islamic Education, Volume 5(1).

Adu, L. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal Biology Science & Education, Volume 3(1).

Agus, Z. F. (2012). Reinventing Human Character : Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di sekolah. Ar-Ruzz Media.

Albertus, Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak si Zaman Global. PT Grasindo.

Amruddin, Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Penerbit Pradina Pustaka.

Anggraeni, N. A. & D. (2016). Perilaku Prososial Remaja Dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islami.Jurnal Pendidikan Islam, Volume 5(1).

Bashori, K. (2017). Menyemai Perilaku Prososial Di Sekolah. Jurnal Pendidikan, Volume 1(Issue 1).

Dayakisni, T., & H. (2003). Psikologi Sosial. UMM Press.

Fattah, A. (2019). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Hadits. Jurnal Trabawi, Volume 1(2).

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik, Volume 1, No.2.

Harsono, & Hastuti, S. (2017). Bagaimana Pendidikan Karakter Diselenggarakan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Volume 27 No 1, 1–10.

Hasbullah. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Hendra, M. . (2012). faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan moral remaja. jurnal Pendidikan, Volume 5(1).

Herman Jaya Zamasi, Fatiani Lase, A. B. (2023). Pengaruh Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Moralitas Siswa. Jurnal Pendidikan, Volume 2(1)..


Article Metrics

Abstract view : 93 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: