PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP PESANTREN ULUL AL BAB MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i3.66637
Abstract
Tujuan Penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel pendidikan karakter (X1) dan status sosial ekonomi orang tua (X2) terhadap prestasi belajar (Y) secara parsial dan secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan sampel terhadap populasi seluruh peserta didik pada jenjang kelas VII dan VIII di SMP Pesantren Ulul Al Bab Makassar dengan menggunakan metode kusioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) secara parsial (Uji t) variabel Pendidikan Karakter (X1) dan status sosial ekonomi orang tua (X2) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik (Y), (ii) Secara simultan (uji F) variabel-variabel bebas dalam penelitian ini mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat. (iii) Persamaan regresi pada penelitian ini adalah Ý = 55,156 + 0,363X1+ 0,651X2. Berdasarkan uji determinasi dengan hasil R square sebesar 0,665 sehingga disimpulkan masing-masing variabel bebas pendidikan karakter dan status sosial ekonomi orang tua memberikan pengaruh sebesar 66,5 % terhadap variabel terikat prestasi belajar di SMP Pesantren Ulul Al Bab Makassar.
The study aims at examining the influence of teacher education variable (X1) and parents’ socio-economic status (X2) on learning achievement (Y) partially and simultanieously. The study is quantitative research with the samples takem from the population of all the students in grade VIII and VIII at SMP Pesantren Ulul Al Bab Makassar using questionnaire.The results of the study reveal that (i) partially, t (test) the character education variable (X1) and parents’socio-economic status (X2) have positive and significant influance on learning achievement of students (Y), (ii) simultaneously, (F test) the independent variables in this study has positive and significant influence on learning achievement (Y) as the dependent variable, and (iii) the equation of regression of this study is Y = 55.156 + 0.36X1+ 0.6512X2. Based on determinan test, the result of R square is 0.665; thus, the conclusion is each of the independent variable of character education and parents’ socio-economic status give major influence by 66.5 % on dependent variable of learning achievement at SMP Pesantren Ulul Al Bab Makassar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dharma Kesuma, CepiTriatna & JoharPermana. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta
Dimyati, M. 1990. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Terapan.Yogyakarta: BPFE
Hartini. 2016. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Produktif Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kota Jambi. Jurnal Pendidikan,dan Keguruan (Online), Vol. 1, Nomor 1, Universitas Terbuka
Inanna. 2018. Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Bangsa yang Bermoral. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, ISSN 2614-2139 Vol. 1, Nomor 1, Universitas Negeri Makassar.
Ildi, A. 2011. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Jatmiko, R.P. 2017. Status Sosial Ekonomi, Gaya dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), (Online), Vol. 11, Nomor 1, Universitas Kanjuruhan Malang.
Masnur Muslich. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensial.Jakarta: Bumi Aksara.
Sofan Amri, Ahmad Jauhari, & Tatik Elisah. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya
Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Article Metrics
Abstract view : 76 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: