Pendampingan Sosial Terhadap Anak Jalanan Di Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) Kota Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v1i2.6659
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui, mengkaji, dan menjelaskan (i) Tahapan Pendamping sosial yang dilakukan terhadap anak jalanan di Kota Makassar, (ii) faktor pendukung dan faktor penghambat yang terjadi dari pendampingan sosial di Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) di Kota Makassar dan (iii) dampak dari Pendampingan sosial terhadap anak jalanan di Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) di Kota Makassar. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan pada penelitian menggunakan Teknik purposive sampling. Dimana peneliti cenderung memilih informan secara variatif berdasarkan (alansan), yaitu jumlah informan 16 orang. Informan dari pihak tokoh masyarakat 2 orang, informan dari pihak orangtua 5 orang, informan dari pihak anak 5 orang dan RSPA 4 orang. Hasil penelitian in imenunjukkan bahwa: (i) Tahapan pendampingan yang dilaksanakan di Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) Turikale Makassar adalah Perencanaan meliputi pendampingan terhadap anakbinaan, menentukan jadwal, materi dan metode serta permainan yang akan digunakan. (ii) Faktor Pendukung Kesabaran pendampingan dalam observasi yang dilakukan oleh pendamping di Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) Turikale Makassar hubungan yang terlihat antara pendamping dengan anak jalanan yang menjadi binaan terjalin dengan baik, faktor penghambat Kurangnya tenaga pendamping yang ada dirumah perlindungan sosial anak tidak seimbang dengan jumlah anak jalanan yang menjadi binaan dan kurangnya support dari orang tua. (iii) Dampak pendampingan Anak Jalanan di Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) Turikale Kota Makassar adalah pendampingan pada anak jalanan dapat mengatasi permasalahan belajar anak jalanan, anak menjadi terampil karena deberikan fasilitas keterampilan sesuai bakatnya, dapat merubah mind set (polapikir) orang tua anak tersebut agar tidak mengulangi penyimpangan sosial terhadap anak dan mengharmonisasikan hubungan anak dan orang tua. Karena adanya proses pendampingan sehingga perilaku negatif anak tersebut dapat berkurang
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, (2003). Pemikiran-Pemikiran dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial. Seri Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Ahmad, Rokhoul Alamin. 2010. Analisis Peran Pendamping Dalam Program Keluarga Harapan PKH) Pada Suku Dinas Sosial Jakarta Utara.
Albertina Nasri Lobo. 2008. Proses Pendampingan Wanita Pekerja Seks Komersial Dalam Upaya Pencegahan HIV/AIDS (Studi Kasus di Lokalisasi Tanjung Elmo Sentani oleh Perkumpulan Keluarga Berencana Papua). Diakses dari:http://lontar.ui.ac.id. Pada tanggal 07 November 2017 Jam 08.00 WIB
Ambar, Teguh Sulistiyani. 2004. Kemitraan dan Model-model Pemberdayaan. Yogyakarta. Gama Media
Andi, Prastowo. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Bagong, Suyanto. 2010. Masalah Sosial Anak. Jakarta: Prenada Media Group
Deddy, Mulyana. 2004. Metodologi Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Departemen Sosial RI. 2007. Pendoman Pendamping Pada Rumah Perlindungan Dan Trauma Center. Jakarta: Depsos RI
Dinas sosial. 2010. Pengertian anak jalanan. Yogyakarta. Dinas sosial
Dinas sosial DIY. 2013. Laporan Hasil Pemuthakiran Data PMKS dan PSKS Tahun 2013. Yogyakarta: Dinas Sosial DIY
Edi, Suharto. 2011. Pekerjaan Sosial Di Indonesia Sejarah dan Dinamika Perkembangan. Yogyakarta: Samudra Biru
Fakih, Mansour. 2003.Menegakkan Keadilandan Kemanusiaan: Pegangan Untuk Membangun Gerakan HAM. Yogyakarta: Insist Press.
Giddens, Anthony. 2009. Problem Utama Dalam Teori Sosial, Menyangkut dengan Aksi, Struktur, dan Kontradiksi Dalam Anlisis Sosial atau dalam judul asli yang di unduh; Action, Structure, and Contracdition In Social Anlisis. Jakarta: Penerbit Pustaka Pelajar
Malik Iskandar. Abdul. 2017. Pengemis dalam Perspektif Struktur-Aktor. Makassar:
Yayasan Inteligensia Indonesia
Nana Syaodih Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Article Metrics
Abstract view : 1232 times | PDF view : 231 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: