HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES MACCINI SOMBALA
(1) Universitas Megarezky
(2) Universitas Megarezky
(3) Universitas Megarezky
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i3.65646
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan fasilitas belajar dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Inpres Maccini Sombala. Metode penelitian Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umunya dilakukan secara random. hasil penelitian Rata-rata yang terjadi pada variabel fasilitas belajar adalah sebesar 55% yang termasuk dalam kriteria tinggi. Berdasarkan tabel di atas menunjukkan bahwa sebagian besar responden yaitu 12 siswa berpendapat bahwa fasilitas belajar termasuk dalam sangat berhubungan dengan motivasi belajar dengan persentase sebesar 38%. Sebanyak 16 responden berpendapat bahwa fasilitas belajar termasuk dalam kriteria berhubungan dengan motivasi belajar dengan persentase 55%. 1 responden berpendapat fasilitas belajar termasuk dalam kriteria cukup berhubungan dengan persentase 3%, dan dalam penelitian ini ada 1 resonden (3%) yang menyatahkan pendapatnya bahwa fasilitas tidak mempunyai hubungan dengan motivasi belajar pada siswa. Kesimpulan dengan demikian thitung > ttabel (2,622> 727) hal ini dapat dilihat uji thitung lebih besar dari pada uji ttabel. Maka ada hubungan fasilitas belajar dengan motivasi belajar siswa Kelas V SD Inpres Maccini Sombala.
The aim of the research is to determine the relationship between learning facilities and learning motivation for fifth grade students at Jupres Maccia Sombala Elementary School. Research methods Quantitative research methods can be interpreted as research methods that are based on the philosophy of positivism, used to research certain populations or samples, sampling techniques are generally carried out randomly as a result of the research. The average that occurs in the learning facilities variable is 55% which includes in the high criteria. Based on the table above, it shows that the majority of respondents, namely 12 students, think that learning facilities are closely related to learning motivation with a percentage of 38%. A total of 16 respondents think that learning facilities are included in the criteria related to learning motivation with a percentage of 55%. 1 respondent was of the opinion that learning facilities were included in the criteria to be quite related with a percentage of 3%, and in the research there was 1 respondent (3%) who expressed his opinion that facilities had no relationship with students' learning motivation. The conclusion is that tcount > ttable (2.622>727). This can be seen from the tcount test being greater than the ttable test. So there is a relationship between learning facilities and the learning motivation of fifth grade students at SD Inpres Maccuu Sombala.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arfenti Amir, Akhiruddin, Gusti Rani, H. K. (2024). Peran Guru Dalam Membangun Karakter Siswa Kelas X IPS 1 di SMA Nasional Makassar. EDULEC : Education, Language, and Culture Journal, 4(1), 64–73. https://doi.org/https://doi.org/10.56314/edulec.v4i1.215
Biyati Akhu Arumi. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Babat Kabupaten Lamongan. 1.
Hakim, Sufyan, Sucahyo Mas’an Al Wahid, Marlina, T., Puspitasari, Ratna Manurung, Edison Hatoguan, Santosa, Yusuf Budi Prasetya, Setiyonugroho, Ponco Kurnia, Ulfa Isni, Donasari, R., Ramadhana, N., Sujana, R.M. Helmy, Mairisiska, Titin, Rofi’i, A., Sampe, F., Kasim, H., & Riska, Fati Matur Kumanireng, L. B. (2024). Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum Merdeka. Sumatra Barat: Pt Mafy Media Literasi Indonesia.
Hasanudin Kasim, Ari Syahidul Shidiq, Achmad Rante Suparman, Vina Vania Suhartawan, Siska Dwi Yulianti, W. O. H. (2024). Microteaching. Sumatra Barat: Get Press Indonesia.
Hernedi, J., & Sumarsih, S. (2023). Keterpenuhan Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Manajer Pendidikan, 17(April), 51–58. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/mapen.v17i1.29618
Jalal, Hasanudin Kasim, Akhiruddin, Muh Reski Salemuddin, Sriwahyuni, & Hasanuddin. (2023). The Impact of Socio-Economic Status on Teachers’ Performance in SMP Negeri 2 Parigi Gowa Regency. IJOLEH : International Journal of Education and Humanities, 2(1), 75–84. https://doi.org/10.56314/ijoleh.v2i1.131
Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Genta Mulia, XII(2), 1–15.
Lema, S. L., Biat, I. T., Beri, M. A., & Kasim, H. (2024). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dan Siswa di SD Negeri Alalau Kecamatan Pantar Tengah Kabupaten Alor. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (KAPASA), 4(2), 137–147. https://doi.org/https://doi.org/10.37289/kapasa.v4i2.430
Mardiana, T., & Hartati, A. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran, Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar t erhadap Motivasi Belajar Selama Pandemi Covid-19. Prosiding 13th Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS), (2018), 13–14. https://doi.org/https://doi.org/10.35313/irwns.v13i01.4242
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 83 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: