PEGINTEGRASIAN PENDIDIKAN BERLALU LINTAS PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK DARUSSALAM MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i3.65146
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Bagaimana perencanaan guru dalam proses pengintegrasian pendidikan berlalu lintas pada mata pelajaran PPKn di SMK Darussalam Makassar selanjutnya Strategi apa yang di lakukan guru pada proses pengintegrasian pendidikan berlalu lintas pada mata pelajran PPKn di SMK Darusslam Makassar dan bentuk kolaborasi guru dengan pihak kepolisian lalulintas terkait pengintegrasian pendidikan berlalu lintas pada mata pelajran PPKn di SMK Darusslam Makassar .Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan secara deskriftif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Dengan fokus mengkaji dan menganalisis tingkat pemahaman siswa SMK Darussalam Makassar dalam berlalu lintas. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan melakukan reduksi data. Dari Hasil penelitian ditemukan bahwa, Perencanaan guru dalam pengintegrasian pendidikan berlalu lintas pada mata pelajaran PPKn yakni dengan di Integrasikan pendidkan berlalu lintas ke dalam bahan ajar yang ada dengan menyisipkan pendidikan berlalulintas dengan materi yang sinkron melalui penyusunan RPP dan Modul belajar yang berkolaborasi dengan program P5. Metode yang di gunakan oleh guru pada proses pengintegrasian menggunakan pelajaran berbasis masalah ,simulasi peran dan proyek kolaboratif untuk menghadirkan situasi dunia nyata dan juga melalui penyajian materi dengan media power point dan juga penyajian video sebagai bahan ajar.
This research aims to find out and analyze how teachers plan in the process of integrating traffic education in PPKn subjects at Darussalam Vocational School, Makassar. What strategies do teachers use in the process of integrating traffic education in PPKn subjects at Darusslam Vocational School, Makassar, and what forms of teacher collaboration with the traffic police regarding the integration of traffic education in PPKn subjects at Darusslam Vocational School, Makassar. The research approach used in this research is a qualitative descriptive approach with a qualitative research type. With a focus on studying and analyzing the level of understanding of Darussalam Makassar Vocational School students in traffic. Data collection techniques include observation, interviews and documentation. Data analysis technique by carrying out data reduction. From the results of the research, it was found that, the teacher's planning for integrating traffic education in PPKn subjects is by integrating traffic education into existing teaching materials by inserting traffic education with synchronous material through preparing lesson plans and learning modules in collaboration with the P5 program. The method used by teachers in the integration process uses problem-based lessons, role simulations and collaborative projects to present real world situations and also through presenting material using power point media and also presenting videos as teaching materials.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung Budi muryono (2017). Model Pengintegrasian Pendidikan Lalu Lintas, Jakarta (Buku Kepolisian Lalu lintas)
Agus, A., & Umar, F. (2016). Analisis Tingkat Kesadaran Hukum Berlalu Lintas Bagi Pengemudi Angkutan Umum Antar Kota Di Makassar. Administrasi Publik, 6(2).
Ali, A. (1990). Mengembara Di Belantara Hukum. Lephas.
Budi, P. (2020). Sosiologi Hukum (A. Bambang (ed.)). Scopindo Media Pustaka.
Bruggink. (2015). Refleksi Tentang Hukum. PT Citra Aditya Bakti.
Cooper, D. J. (2007). PDF Created with deskPDF PDF Writer - Trial :: http://www.docudesk.com PDF Created with deskPDF PDF Writer - Trial :: http://www.docudesk.com. Writer, 48(Tabela 1), 1–9.
Fajar, Arnie, 2003, Pengembangan Sikap Nasionalisme Melalui Pendekatan Sain Teknologi Masyarakat pada SMA Negeri 8 di Kota Bandung- Jawa Barat (Tesis)
Kemdikbud, 2014, Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk SD/MI Kelas II, Jakarta.(Buku Guru dan Buku Peserta didik)
Rahardjo, S. (2009). Penegakan Hukum : Suatu Tinjauan Sosiologi. Genta Publishing.
Sailan, M. H. (2012). Pengantar Hukum Indonesia (I. Faisal (ed.)). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Soekanto, S. (2014). faktor-faktor yang mempengaruhi penegakan hukum. Rajawali Pers.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang No. 2 Tahun 2022 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia
Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 96, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5025).
Zainuddin, A. (2006). Sosiologi Hukum.Jakarta; Sinar Grafika
Article Metrics
Abstract view : 60 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: