PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SDN 224 INPRES LEKOBODDONG
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i3.64965
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Pancasila materi negaraku Indonesia siswa kelas IV SDN 224 Inpres Lekoboddong sebelum dan setelah diterapkan Problem Based Learning Kabupaten Maros dan untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila materi negaraku Indonesia kelas siswa kelas IV SDN 224 Inpres Lekoboddong. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk One Goup Prestest and Posttest Desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 224 Inpres Lekoboddong berjumlah 20 orang. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Treatment yang diberikan di kelas adalah menggunakan Problem Based Learning pada proses pembelajaran mulai dari awal sampai penutup pembelajaran. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan instrumen lembar tes. Data hasil penelitian diperoleh dari pemberian pretest, treatment dan posttest. Teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN 224 Inpres Lekoboddong diperolah nilai rata-rata pretest yaitu 33.95 dan nilai rata-rata posttest yaitu 78.6. Hasil analisis inferensial dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-test menunjukkan sig (-2 tailed) = (0,000<0,05). Kesimpulan ini menunjukkan penggunaan Problem Based Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 224 Inpres Lekoboddong.
This research aims to determine the learning outcomes of Pancasila Education material in my country of Indonesia for class IV students at SDN 224 Inpres Lekoboddong before and after implementing Problem Based Learning in Maros Regency and to determine the effect of Problem Based Learning on the learning outcomes of Pancasila Education material in my country of Indonesia for class IV students at SDN 224 Inpres Lekoboddong. The research approach is quantitative with the type of experimental research in the form of One Group Pretest and Posttest Design. The population of this study was all 20 class IV students at SDN 224 Inpres Lekoboddong. The sample used is a saturated sample. The treatment given in class is using Problem Based Learning in the learning process from the beginning to the end of the lesson. The data collection technique is to use a test sheet instrument. The research data was obtained from administering the pretest, treatment and posttest. Data analysis techniques are descriptive statistical analysis and inferential statistics. The results of data analysis show that the learning outcomes of class IV students at SDN 224 Inpres Lekoboddong, obtained an average pretest score of 33.95 and an average posttest score of 78.6. The results of inferential analysis by testing the hypothesis using the Paired Sample T-test show sig (-2 tailed) = (0.000<0.05). This conclusion shows that the use of Problem Based Learning has an influence on the learning outcomes of class IV students at SDN 224 Inpres Lekoboddong.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2).291–304.
Ariani, N. N., & Nurizka, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Intelektual Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD Negeri 1 Kadipiro. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2). 16392–16401.
Arianti, A. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 11(1). 41–62.
Asrifah, S., & Arif, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SDN Pondok Pinang 05 | Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya. 16(30). 183–193.
Athourrohman, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKN Di SMP Negeri 1 Pakuniran Kab Probolinggo. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 4(3). 1765–1778.
Dewi,P., Prihanta, W., & Safitri, F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pelajaran Pkn Materi Proses Perumusan Pancasila Melalui Model PBL Pada Kelas IV SDN Junrejo 2 Tahun 2022/2023: Indonesia. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). 5041–5049.
Harmoko, Kilwalaga, I., Asnah, Rahmi, S., Adoe, V. S., Dyanasari, & Arina, F. (2022). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Feniks Muda Sejahtera.
Hidayati, N. B. (2021). Metode Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Kalimat Bahasa Inggris. Penerbit NEM.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5–11.
Lestari, R., Wakhyudin, H., ArdiSaputro, B., & Noer, H. (2023). Model Problem Based Learning Pada Materi Kewajiban Dan Hakku Kelas III Di SDN Sawah Besar 01 | JIIP. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 6(7). 4886–4890.
Luthfi, R., & Suci, N. (2023). Landasan Belajar Dan Mengajar. CV Pustaka Turats Press.
Rahmah, R., Supriadi, S., Musril, H. A., & Okra, R. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bimbingan Teknik Informatika Dan Komputer (TIK) Kelas XII MIPA Di SMAN 1 Pariaman. Koloni, 1(4). 5689–5700.
Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan, 11(3). 242–248.
Sarinah, Muhtar Dahari, & Harmaini. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN di Perguruan Tinggi). Deepublish.
Setiawan, M. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. Deepublish.
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Prenada Media.
Syamsidah, & Suryani, H. (20l8). Buku Model Problem Based Learning (PBL) (pp. l–92). Deepublish.
Tuken, R. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Di Kelas VI SDN IV Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(2). 123–129.
Tuken, R. (2022). Analisis Kemampuan Mahasiswa PGSD FIP UNM dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PKn Berbasis Kurikulum 2013. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1). 210–216.
Yulia, Y., Fajar, F., & Andriani, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Keragaman Dan Tempat Perayaan Hari Besar Berbagai Agama Kelas IV UPTD SD Negeri 120 Barru. Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2). 144–147.
Yustina, & Imam. (2021). Problem Based Learning (PBL) Berbasis Higher Order Thinking (HOTS) Melalui E-Learning. Penerbit Lakeisha.
Article Metrics
Abstract view : 80 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: