PERANAN PEMBELAJARAN PPKN DALAM MEMBENTUK SISWA YANG DEMOKRATIS DI SMP MUHAMMADIYAH BAORDING SCHOOL PALOPO

Puspita Hartono(1), Firman Umar(2), Najamuddin Najamuddin(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i2.46042

Abstract


This study intends to find out (i) know the role of Civics learning in forming democratic students at SMP Muhammadiyah Baording School Palopo, to (ii) the learning process of PPKn at SMP Muhammadiyah Boarding School Palopo, to (iii) find out the supporting and inhibiting factors in forming students who democratically at the Muhammadiyah Boarding School Middle School Palopo. This type of research uses qualitative research, which in this study describes the actual data obtained through the interview process. There are two data analysis techniques used in this study, namely, data reduction, namely summarizing the selection of basic rights according to the research focus of presenting data and drawing conclusions. Data collection techniques used are interview observations, data documentation.The results of this study show that (1) Civics learning has a role in forming democratic students at the Muhammadiyah Boarding Middle School in Palopo. (3) the learning process has been running starting from the introductory, core and closing activities. This has been going quite well (2) the supporting and inhibiting factors in forming democratic students at Muhammadiyah Boarding School Palopo Middle School. This can be seen from the facilities and infrastructure. one of the things that supports the learning process in the classroom so that students are not bored with the learning process packaged by the teacher while the obstacles in forming democratic students include the teacher having difficulty being less thorough in determining democratic values and attitudes of teachers who are less creative, students who difficult to navigate and the facilities and infrastructure are still inadequate

Studi ini bermaksud guna mengetahuai (i) mengetahui peranan  pembelajaran PPKn dalam membentuk siswa yang demokatis  di SMP Muhammadiyah Baording School  Palopo, untuk (ii) Proses pembelajaran PPKn diSmp Muhammadiyah Boarding School Palopo, untuk (iii) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk siwa yang demokratis  di SMP Muhammadiyah Boarding School  Palopo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif , dimana pada penelitian ini mendiskripsikan data actual yang diperoleh melaui proses wawancara. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ada dua yaitu, Reduksi data  yaitu merangkum memilih hak-hak pokok sesuai dengan fokus penelitian  penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan  wawancara , data dokumentasi.Hasil studi ini memperlihatkan bahwa (1)  Pembelajaran ppkn memiliki peranan dalam membentuk siswa yang demokratis di Smp  Muhammadiyah Boarding Palopo. (3) proses  pembelajaran sudah bejalan dengan mulai dari kegiatan pendahuluan ,inti dan penutup Hal ini sudah berjalan dengan cukup baik (2) faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk siswa yang demokratis di SMP Muhammadiyah Boarding School Palopo   Hal ini dapat dilihat dari sarana dn prasarana merupakan slah satu hal yang mendukung proses pembelajaran dalam kelas sehingga peserta didik tidak jenuh dengn proses pembelajaran yang di kemas oleh guru   sedangkan penghambat dalam membentuk siswa yang demokratis di antaranya adalah guru mengalami kesulitan kurang teliti dalam menentukan  nilai dan sikap demokratis  guru yang kurang kreatif ,siswa yang sulit di arahkan  serta sarana dan prsarana yang masih kurang memadai


Keywords


PPKn Learning; Democratic Students; Pembelajaran PPKn; Siswa Demokratis,

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Pusat Penelitian dan Penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian KepadaMasyarakat, IAIN Raden Intan Lampung, 2014), h. 62 2 Departemen Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai PustaCet. Ke- 4, h. 854

Soerjono Soekanto dan Budi Sulistyowati, Loc.cit. 4 Ibid., h. 213 5 Karel J. Veeger, et.al., Pengantar Sosiologi Buku Gramedia Pustaka Utama, 1992), h. 607 http://digilib.unila.ac.id/740/3/BAB%20II.pdf, (diakses 28 September 2017

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah).

Badan Nasional Standar Pendidikan , 2006, Standar Isi, Jakarta, Depdiknas. RI

Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang standar Isi Pendidikan Nasional,.

Buku Teori belajar dan pembelajaran Penulis: Dr.Hj.Herliani, M.Pd. Dr. Didimus Tanah Boleng, M.Kes. Dr. Elsye Theodora Maasawet, M.Pd

Dwiyatmi, 2012: 5.Tentang Hakikat Pendidikan KewarganegraanAbraham, et.all. (2004). Cliniclly Oriented Physiology Teach: Strategy forDeveloping Critical-thinking Skills in Undergraduate Medical Students.New York: Adv. Physiol. Educ.

Undang undang guru tahun 2005 tentang guru/dosen

Affandi. I (2005), Pendidikan Demokrasi dalam Konteks

Prof. Dr. Shafique Ali Khan (2005) pengertian siswa PembangunanMasyarakat Madani: Tinjauan Sosial Kultural, Bandung: National Seminar Civic Education.

Al Muchtar, S. (2000). Pengantar Studi Sistem Politik Indonesia. Bandung: GelarPustaka Mandiri.

Brown, B.F. 1977. The Case for Citizenship Education. New York:McGraw-Hill.

Brophy, Jere. 1990. Teaching Social Studies for Understanding andHigher-Order Aplications.The university of Chicago; TheElementary School Journal Volume 90. Nomor 4.

Buchanan, Anne. 2000. Integrating Critical Thinking Skills into theClassroom. Working Paper.

Budiyanto. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan SMA Kelas XI. Jakarta. Erlangga.

Diarsih, Kadek. 2015. Pengaruh Partisipasi Pada Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah Terhadap Sikap Demokratis Siswa.Jurnal Kultur Demokrasi.Vol 3. No 4.

Rianto, Puji. 2005. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Globalisasi, LiberalisasiEkonomi dan Krisis Demokrasi. ISSN 1410-4946.


Article Metrics

Abstract view : 96 times | DOWNLOAD PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: