ANALISIS LITERASI MELALU KAMPUS MENGAJAR DI UPT SD 31 BONTOMACINNA KABUPATEN BULUKUMBA

Syahrul Ramadhan S(1*), Sri Hastati(2), Erwin Nurdiansyah(3), Erniati Erniati(4), Supriadi Supriadi(5),

(1) Universitas Islam Makassar
(2) Universitas Islam Makassar,Indonesia
(3) Universitas Islam Makassar
(4) Universitas Islam Makassar
(5) Universitas Islam Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i1.43359

Abstract


Literacy in Indonesia has decreased significantly due to low literacy in reading and writing. Low literacy in reading and writing also occurs at UPT SD 31 Bontomacinna. The purpose of this study is to determine the analysis of literacy in reading and writing through teaching campuses as well as the supporting and inhibiting factors in realizing the campus teaching batch 2 at UPT SD 31 Bontomacinna. Qualitative research methods with program evaluation designs have been implemented in this study. With a pedagogical approach and a sociological approach. The pedagogical approach is carried out in the classroom to directly stimulate cognitive learners. The sociological approach is carried out by looking at the reality that exists within the scope of reading and writing. To obtain data, the writer uses interview, observation, and documentation techniques. .Interviews were conducted in the school community using program evaluation techniques. Observations were made during campus teaching program activities. Documentation was carried out to prove data that supports interviews and observations. This research has found an increase in students' reading and writing literacy after realizing campus teaching at UPT SD 31 Bontomacinna Bukukumba Regency, especially for class V. This has a very significant impact on students.

Literasi di indonesia mengalami penurunan secara signifikan disebabkan dengan rendahnya literasi membaca dan menulis.Rendahnhya literasi membaca dan menulis juga terjadi juga pada UPT SD 31 Bontomacinna.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis literasi membaca dan menulis melalui kampus mengajar serta faktor pendukung dan penghambat dalam merealisasikan kampus mengajar angkatan 2 di UPT Sd 31 Bontomacinna. Metode Penelitian kualitatif dengan desain evaluasi program telah dilaksanakan pada penelitian ini. Dengan pendekatan pedagogis, dan pendekatan sosiologis.Pendekatan pedagogis dilakukan didalam kelas untuk menstimulus kognitif peserta didik secara langsung.Pendekatan sosiologi dilakukan dengan melihat realitas yang ada terjadi dalam ruang lingkup membaca dan menulis.Untuk memperoleh data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Wawancara telah dilakukan di civitas sekolah dengan teknik evaluasi program.Obsevasi dilakukan selama menjalankan kegiatan program kampus mengajar.Dokumentasi dilakukan untuk membuktikan data yang mendukung wawancara dan observasi.Penelitian ini telah menemukan peningkatan literasi membaca dan menulis peserta didik  setelah merealisasikan kampus mengajar di UPT SD 31 Bontomacinna Kabupaten Bukukumba khususnya.


Keywords


literacy analysis; Campus Teaching; UPT SD 31 Bontomacinna; Analisis Literasi,Kampus Mengajar, UPT SD 31 Bontomacinna

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Amri, Saeful dan Eliya Rochmah. Pengaruh Kemampuan Literasi

Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Vol 13, No. 1, 2021.

Akhadiah. Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. 2015.

Beers, C. S., Beers, J. W. & Smith, J. O. 2009. A Principal’s Guide to Literacy Instruction .New York: Guilford Press.

Dwi noerbella.implementasi kampus mengajar angkatan 2 dalam meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi peserta didik”.jurnal Cakrawala pendas,vol.8 NO.2 April,2022.

Depdiknas, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI, Dinas Dikpora Pekanbaru, 2006.

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M).

Heidi Byrnes , Modules For The Profesional Of Teaching Assistats In Foreign Languange ( Washingtong Dc: Center For Applied Linguistics, 1998.

Henry Guntur Tarigan, Pendidikan Keterampilan Berbahsa, Jakarta: Universitas Terbuka, 2001.

Iriawan, S. B., & Saefudin, A. Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa Program Kampus Mengajar 2021. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2021.

Kemendikbud. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.2016.

M. Setiawan Sampurna Djaya,dkk. Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021(jakarta; SubPokja Kampus Mengajar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi,2021)

Pratiwi Retnaningdyah, dkk, Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), 2019.

Suherli Kusmana, Jurnal Pengembangan Literasi Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah, Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, Vol. 01, No. 01, Februari 2017.

Timur Djaelani, Peningkatan Mutu Pendidikan dan Pembangunan Perguruan Agama, (Jakarta: Dermaga, 2006).


Article Metrics

Abstract view : 75 times | DOWNLOAD PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: