Hubungan Partisipasi Orang Tua Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kampung Implementasi Perubahan (KIP) Maccini Kota Makassar

Latang Latang(1*), Fatmawati Gaffar(2), Lirhan Lirhan(3), Muhamad Ihsan Azhim(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.38255

Abstract


This research examines the relationship between parental participation and student interest in learning with fourth grade students' learning outcomes at SDN KIP Maccini Makassar City. The main problem studied is how is the relationship between Parental Participation and Student Interest in Learning with the Learning Outcomes of Class IV SDN KAMPUNG IMPLEMENTASI PERUBAHAN (KIP) Maccini Makassar City for the 2020/2021 academic year. The purpose of this study was to determine the relationship between parental participation and student learning interest with the learning outcomes of fourth graders at SDN KAMPUNG IMPLEMENTASI PERUBAHAN (KIP) Maccini Makassar City for the 2020/2021 academic year. Type of research  used is a quantitative research with the type of correlational studies. The research sample used was saturated sampling, namely class IV SDN KAMPUNG IMPLEMENTASI PERUBAHAN (KIP) Maccini with a total of 43 students consisting of 17 male students and 26 female students. Data collection techniques used in this study were questionnaires, documentation and observation. Data was collected from the distribution of questionnaires to students and parents and then analyzed by Inferential Statistical Data Analysis. From the results of the study, there is a large relationship between Parental Participation and Student Interest in Learning with the Learning Outcomes of Class IV Students at SDN KAMPUNG IMPLEMENTASI PERUBAHAN (KIP) Maccini Makassar City. The presence of parental participation shows that there is a significant relationship with increasing student interest in learning outcomes for fourth grade students at SDN KAMPUNG IMPLEMENTASI PERUBAHAN (KIP) Maccini Makassar City.

 

Penelitian ini menelaah Hubungan Partisipasi Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Dengan hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN KAMPUNG IMPLEMENTASI PERUBAHAN (KIP) Maccini Kota Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu bagaimanakah Hubungan Partisipasi Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Dengan hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN KAMPUNG IMPLEMENTASI PERUBAHAN (KIP) Maccini Kota Makassar tahun ajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hubungan Partisipasi Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Dengan hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN KAMPUNG IMPLEMENTASI PERUBAHAN (KIP) Maccini Kota Makassar tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain correlational studies. Sampel penelitian yang digunakan adalah sampling jenuh,yaitu kelas IV SDN KIP Maccini dengan jumlah 43 siswa yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 26 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket,dokumentasi dan observasi. Data dikumpulkan dari penyebaran angket pada siswa dan orang tua kemudian dianalisis secara Analisis Data Statistik Inferensial. Dari hasil penelitian besar hubungannya Partisipasi Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Dengan hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN KAMPUNG IMPLEMENTASI PERUBAHAN (KIP) Maccini Kota Makassar. Adanya partisipasi orang tua menunjukkan bahwa besar hubungan yang signifikan terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN KAMPUNG IMPLEMENTASI PERUBAHAN (KIP) Maccini Kota Makassar.


Keywords


Parental; Participation; Student’s Interest; Orang Tua; Partisipasi; Minat Belajar

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Bakri, Noor Ms. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Dimyati dan Mudjiono.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman dan Wuryandani, Wuri. 2011. Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar (Untuk PGSD dan Guru SD). Yagyakarta: Nuha Litera.

Hamalik. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasbullah. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Irene, Siti. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istadi, Irawati. 2007. Mendidik dengan Cinta. Malang: PT. Cakrawala Surya Prima.

Marijan. 2012. Metode Pendidikan Anak. Yogyakarta: Sabda Media.

Maunah, Binti. 2009. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Teras

Mulyatiningsih, dkk. 2006. Bimbingan Pribadi-Sosial, Belajar, dan Karier. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung:Alfabeta.

Saifuddin, Azwar. 2014. Penyusunan Skala Psikologi: Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanjaya. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. 2001. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Press.

Slameto, dkk. 2009. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumandi.2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarta. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Winardi, J. 2011. Motivasi dan Pemotivasian dalam manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 134 times | DOWNLOAD PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: