Hubungan Kebiasaan Belajar Efektif Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di SD Inpres 6/75 Ta Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

Eka Sukarnia(1*), Muhammad Idris Jafar(2), Mujahidah Mujahidah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.38253

Abstract


This research is a quantitative research with correlational type which aims to determine whether there is a significant relationship between effective study habits and mathematics learning achievement of upper class students in SD Inpres 6/75 TA, Tanete Riattang district, Bone Regency. The population in this study were all fourth and fifth grade students of SD Inpres 6/75 TA, Tanete Riattang District, Bone Regency, totaling 40 students. The sampling technique, namely a saturated sample or commonly called total sampling. Data collection is done by documentation and giving a questionnaire. Data analysis technique using descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. Based on the results of descriptive statistical analysis of effective study habits students obtained an average of 84.07 and a percentage of 75.27 % in the good category and students’ mathematics learning achievement obtained an average of 82.6 and a percentage of 82.8 % in the very good category. Then the results of inferential statistical analysis obtained t count 2.25838  ≥  t table 2.02439 at a significant level of 5 %, thus, it can be concluded that there is a significant relationship between affective study habits and mathematics learning achievement high grade students at SD Inpres 6/75 TA, Tanete Riattang District, Bone Regency.

 

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar efektif dengan prestasi belajar IPS siswa kelas tinggi di SD Inpres 6/75 TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV dan V SD Inpres 6/75 TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone dengan jumlah 40 siswa. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan tehnik nonprobability yaitu sampel jenuh atau biasa disebut total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan pemberian angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif kebiasaan belajar efektif siswa memperoleh rata-rata 84,07 dan persentase 75,27 % dengan kategori baik dan prestasi belajar IPS siswa memperoleh rata-rata 82,6 dan persentase 82,8 % dengan kategori sangat baik. Kemudian hasil analisis statistik inferensial diperoleh  2,25838 ≥   2,02439 pada taraf signifikan 5%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan kebiasaan belajar efektif dengan prestasi belajar IPS siswa kelas tinggi di SD Inpres 6/75 TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.


Keywords


Effective Study Habits; Mathematics Learning Achievement; High Grade; Kebiasaan Belajar Efektif; Prestasi Belajar IPS; Kelas Tinggi

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Anis, Y. (2018). Hubungan antara Kebiasaan Belajar Efektif dengan Prestasi Belajar Siswa. Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 15(69), 101–120.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arlina, S. N. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi Pada SMK St. Bonaventura 1 Madiun. FIPA (Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi), 3(2), 1–8.

Lase, S. (2018). Hubungan antara Motivasi dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP. Jurnal Warta Dharmawangsa, 1(56), 1–8.

Makhmudah, S. (2018). Penguatan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 2(2).

Martono, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Persepsi Siswa pada Pelajaran IPS: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. (2017). Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1, 224–232.

Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M. P. (2014). Metode Penenlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. kencana.

Rais, H., Ferinaldi, & Basroh, M. A. (2021). Hubungan antara Motivasi dan Kebiasaan Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan IPS. Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 27–34.

Ramli, A., Jafar, I., & Sudirman. (2021). Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di Kelas V SD Inpres 17 Bajoe. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 224–230.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, dan R & D. ed. Sutopo. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Prenadia Media Grup.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita IPS. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187–192.

Wahab, R. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 111 times | DOWNLOAD PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: