Penggunaan Media Dakon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Yonathan Saba Passingi(1), Nurul Mukhlisa(2), Nurhatisah Nurhatisah(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.38252

Abstract


The problem of this research is low learning achievement of students. The purpose of the research isto improve the process and learning achievement byusing dakon media. Qualitative approach with typeof Classroom Action Research (CAR). Implementation begins withthe pre-action stage, withthe cycle includes four stages planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques used observation, testsand documentation. Research subjects are teachers andfourth grade students consisting of 15 students, 9 male and 6 female. The data analysis technique usedis qualitative data analysis techniques. The results of the research during the implementation of the first cycle in the sufficient category and in the second cycle there was an increase in the good category and reached the predetermined indicators. The conclusion of this study is that the use of Dakon media can improve students' learning outcomes on grade IV at UPTD SDN 18 Parepare.

 

Permasalahan dalam penelitian yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 18 Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah proses dan hasil pembelajaran dengan menggunakan media dakon. Pendekatan  yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus di awali dengan kegiatan pra tindakan kemudian tahap siklus yang terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV UPTD SDN 18 Parepare pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 15 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II diperoleh bahwa hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media dakon dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 18 Parepare.


Keywords


Dakon Media; Learning Achievement; Media Dakon; Hasil Belajar

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Amalia, N. R., Halik, A., & Mukhlisa, N. (2021). Analisis Butir Soal pada Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Education, 1(1), 219–230.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Hariyati, Y. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang KPK dan FPB pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–6.

Karomah, S. F. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Dakon Siswa Kelas IV SD Negeri Karang Jengkol 03. PANCAR, 5(1), 98–101.

Kurniawan, H. (2021). Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Penerbit Deepublish.

Lukman, Mukhlisa, N., & Mahmud, S. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa di UPT SD Negeri se Desa Mangki Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(3), 1–9.

Maulidiyah, Z., & Mudjiarti, T. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Materi FPB Menggunakan Media Dakon Bilangan Siswa Kelas V SDN Sambikerep II/480 Surabaya. JPGSD, 02(03), 1–11.

Risnawati, Wibowo, A., & Bahar. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Dakon terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD di Kabupaten Gowa. PEPATUDZU: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 15(2), 118–126.

Rustiyarso, & Wijaya, T. (2020). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (Utami (ed.)). Noktah.

Salim, & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan : Metode, Pendekatan dan Jenis. Kencana.

Sari, R. L. (2018). Peningkatan Keterampilan Berhitung Mata Pelajaran Materi Pembagian Bilangan Tiga Angka menggunakan Media Dakon pada Siswa Kelas 3 di SDI Sabilil Falah Sukodono.

Setiawan, P., & Sudana, I. D. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar . Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2).

Silfiana, N. (2019). Penggunaan Media Dakon dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh.

Utami, D. W., Hamdani, & Uliyanti, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Dakon Bilangan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran . Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1–9.


Article Metrics

Abstract view : 49 times | DOWNLOAD PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PIR My Stats

 

Phinisi Integration review editorial :