Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Melalui Media Kartu Huruf Di UPT SDI Ballabulo 104 Kepulauan Selayar

Andi Nirwana(1*),

(1) Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Selayar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.38248

Abstract


The aim of this research is to improve the early reading ability of grade 1 students through letter cards at UPT SDI Ballabulo 104 Selayar Islands. This research includes descriptive research designed through classroom action research, carried out in two cycles. The research instrument is a test and an observation sheet. The results of the research data were analyzed quantitatively and qualitatively. The results of this study indicate that: (1) the students' initial reading ability in the first cycle is on average 6.66 and increases in the second cycle with an average value of 9.83. Mastery learning in the first cycle was 33% and increased in the second cycle to 83.33%. Thus, the application of letter card media can improve students' initial reading skills. (2) Letter card media improves students' initial reading ability. These indicators of improvement can be observed based on the results of observations from cycle I and cycle II which experienced changes, especially changes in attitudes, motivation, enthusiasm, and student values and understanding of the lesson.

 

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 melalui media kartu huruf di UPT SDI Ballabulo 104 Kepulauan Selayar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang didesain melalui penelitian tindakan kelas (class room action research), dilaksanakan sebanyak dua siklus. Instrumen penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan membaca permulaan siswa siklus I rata-rata 6,66 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 9.83. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 33% dan meningkat pada siklus II menjadi 83,33%. Dengan demikian, penerapan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. (2) Media kartu huruf meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Indikator peningkatan tersebut dapat dicermati berdasarkan hasil observasi dari siklus I dan ke siklus II yang mengalami perubahan, terutama pada perubahan sikap, motivasi, antusias, dan nilai siswa serta memahami pelajaran.


Keywords


Beginning Reading; Letter Card Media; Student Activity; Membaca Permulaan; Media Kartu Huruf; Keaktifan Siswa

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Ari Wahyu Lestari & Dian Indihadi. (2019). Penggunaan media kartu huruf dalam peningkatan pemahaman penggunaan huruf kapital dalam menulis teks deskripsi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 16-27

Arikonto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, cet. 3.

Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355-360.

Hidayati, R., Suyitno, Y. P., & Artharina, F. P. (2019). Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 112-116.

Jians Brian Salawati & Like Suoth. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education. Volume 4, Number 1, pp. 100-106

M. Ngalim Purwanto. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyono Abdurrahman. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Poerwadarminta. (2000). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.

Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283-289.


Article Metrics

Abstract view : 88 times | DOWNLOAD PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: