Pengaruh Metode SQ3R Berbasis Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 219 Mabbiring

Nurfitriani Nurfitriani(1*), Kadir Kadir(2), Muhammad Amin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.38166

Abstract


This research is a quantitative research with a true experimental design that aims to: 1) find out the description of the use of the digital literacy-based SQ3R method, 2) find out the effect of using the digital literacy-based SQ3R method on the Indonesian language learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 219 Mabbiring. The research population is all students of class V totaling 32 students and the sample of this study amounted to 32 students. The research data and data collection techniques were obtained by tests. Based on the results of descriptive statistical analysis, the posttest average value of the experimental class (90.31) was higher than the average posttest value of the control class (76.88). The results of inferential statistical analysis show that tcount (3.957) has a greater value than ttable (2.04227). From the results of the study, it was concluded that: (1) the results of learning Indonesian after using the SQ3R method based on digital literacy in the experimental class were in the very good category while those in the control class using conventional methods were in the good category. (2) there is an effect of digital literacy-based SQ3R learning methods on Indonesian language learning outcomes for class V SD Negeri 219 Mabbiring.

 

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain true experimental yang bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran penggunaan metode SQ3R berbasis literasi digital, 2) mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode SQ3R berbasis literasi digital terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 219 Mabbiring. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V berjumlah 32 siswa dan sampel penelitian ini  berjumlah 32 siswa. Data hasil penelitian dan teknik pengumpulan data diperoleh dengan tes. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (90,31) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest kelas kontrol (76,88). Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa thitung (3,957) memiliki nilai lebih besar daripada ttabel (2.04227). Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) hasil belajar Bahasa Indonesia setelah menggunakan metode SQ3R berbasis literasi digital pada kelas eksperimen berada pada kategori sangat baik sedangkan di kelas kontrol menggunakan metode konvensional berada pada kategori baik. (2) terdapat pengaruh metode pembelajaran SQ3R berbasis literasi digital terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 219 Mabbiring.


Keywords


SQ3R Method; Digital Literacy; Learning Outcomes; Metode SQ3R; Literasi Digital; Hasil Belajar

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka Publisher.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1 (2003).

Gunawansyah. (2020). Pengaruh Metode SQ3R (Survei, Question, Read, Recite, Review) Berbasis Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Daya Makassar. Skripsi. Universitas Islam Makassar.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Belajar.

Ibda, H. (2020). Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut untuk Mahasiswa (Dilengkapi Caturtunggal Keterampilan Berbahasa) (Z. Arifah (ed.); 2nd ed.). Pilar Nusantara.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Pub. L. No. 22, 1 (2016).

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah, Pub. L. No. 7, 1 (2022).

Nani, & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal Of Educational Review and Research, 2(1), 55–62.

Pengelola Web Kemdikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Biro Komunikasi Dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Pohan, S. S., & Suparman. (2020). Perspektif Literasi Digital Bagi Guru Sekolah Dasar. Seuneubok Lada Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 7(1), 164–178.

Putri, I. C. A., Putra, D. K. N. S., & Zulaikha, S. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).

Rukayah, Thaba, A., & Mahmut, A. K. (2021). Hubungan Minat Baca dan Penguasaan Kosa Kata terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Siswa Kelas VI SDN 24 Macanang. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(September), 95–103.

Samsiyah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi (E. Riyanto (ed.); 1st ed.). Ae Media Grafika.

Septiadi, Y. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite dan, Review (SQ3R) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Karanggayam 2 Kabupaten Sampang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Simarmata, J., Sihotang, J. I., Purba, A. K. A., Hazriani, Gustian, M. E. K. D., Fadhillah, M. N. H. S. Y., & Jamaludin. (2021). Literasi Digital (R. Watrianthos (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Stahl, N. A., & Armstrong, S. L. (2020). So Much More Than SQ3R : A Life History of Francis P. Robinson. Reading Psychology, 1–35.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (24th ed.). Alfabeta.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (2nd ed.). Prenadamedia Group.

Tim Penyusun. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa. Universitas Negeri Makassar

Wiana Muliana. (2019). Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa kelas IV SD Inpres 12/79 Barakkae Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone. Skripsi. Universitas Negeri Maksaar.


Article Metrics

Abstract view : 166 times | DOWNLOAD PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: