Pengaruh Literasi Membaca Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah di MAN 2 Kota Makassar

Fatimah Irhas(1*), Ahmadin Ahmadin(2), Abdul Rahman(3),

(1) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, MAN 2 Kota Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.38101

Abstract


This study aims to examine (1) the influence of reading literacy on students' learning motivation in History subject at MAN 2 in Makassar City, (2) the influence of reading literacy on learning outcomes in History subject at MAN 2 in Makassar City, (3) whether there are influences of reading literacy and without reading literacy on students’ motivation and learning outcomes in History subject at MAN 2 in Makassar City. The type of research used is quasi-experimental. The population of the study were all students of grade X IPS at MAN 2 in Makassar City. The samples were grade X IPS 3 and X IPS 4 that each class consisted of 37 students. The data analysis techniques used were descriptive analysis and inferential analysis. The results of the study reveal that (1) there is an influence of reading literacy on students' motivation in History subject at MAN 2 in Makassar City, (2) there is an influence of reading literacy on learning outcomes in History at MAN 2 in Makassar City, and (3) there are influences of students' motivation and learning outcomes in History subject at MAN 2 in Makassar City in classes that are given reading literacy treatment and without reading literacy.

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh literasi membaca terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah di MAN 2 Kota Makassar. (2) mengetahui pengaruh literasi membaca terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah di MAN 2 Kota Makassar. (3) mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran berbasis literasi membaca dan tanpa melalui literasi membaca terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah di MAN 2 Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X IPS di MAN 2 Kota Makassar. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPS 3 dan X IPS 4 masing-masing berjumlah 37 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh literasi membaca terhadap motivasi belajar sejarah peserta didik di MAN 2 Kota Makassar. (2) terdapat pengaruh literasi membaca terhadap hasil belajar sejarah peserta didik di MAN 2 Kota Makassar. (3) terdapat pengaruh motivasi dan hasil belajar sejarah peserta didik di MAN 2 Kota Makassar pada kelas yang diberikan perlakuan literasi membaca dan tanpa literasi membaca.


Keywords


Reading Literacy; Motivation; Learning Outcomes; Literasi Membaca; Motivasi; Hasil Belajar

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Abdulloh, Muhammad Haris. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMK Negeri 1 Rembang. (Tesis, Institut Agama Islam Negeri Kudus). http://repository.iainkudus.ac.id/3064/

Abidin, Yunus, Tita Mulyati, dan Hana Yunansah. 2018. Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Azizah, Izza. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar dan Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMA Negeri 3 Jombang dan SMKN 1 Dlanggu Mokokerto. (Tesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). 20 Januari 2022. http://etheses.uin-malang.ac.id/15576/1/14771018.pdf

Dikdasmen. 2020. Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Tahun 2020. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Atas.

Hasanah, Uswatun dan Warjana. 2019. Pengembangan Pembelajaran Literasi Membaca untuk Meningkatkan Daya Baca Siswa. 26 (2), 1-10. 15 Januari 2022. https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/184

Kanusta, Maria. 2021. Gerakan Literasi dan Minat Baca. Padang: Azka Pustaka.

Kemdikbud. Validitas Instrumen Penelitian (Pertemuan 3). https://lmsspada. kemdikbud.go.id/

Melansari, Oktora. 2021. Literasi Membaca dalam Pembelajaran dan Asesmen Kompetensi Minimum. 15 Januari 2022. https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/ literasi-membaca-dalam-pembelajaran-dan-asesmen-kompetensiminimum/

Muhsyanur, 2019. Membaca (Suatu Keterampilan Berbahasa Reseptif). Yogyakarta: Buginese Art.

Rasyid, Richa Yunita, 2020. Korelasi Minat Membaca Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Kota Makassar. (Tesis, Universitas Muhammadiyah Makassar). 15 Januari 2022. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/11156-Full_Text.pdf

Saomah, Aas. N.d. Implikasi Teori Belajar Terhadap Pendidikan Literasi. 20 Januari 2022. http://docplayer.info/40297715-Implikasi-teori-belajar-terhadap pendidi kan-literasi-oleh-dra-aas-saomah-m-si. html

Sueca, I Nengah. 2021. Literasi Dasar. Nilacakra: Bali.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, Moh. 2021. Strategi Membangun Literasi Sekolah. Malang: Madani.

Zanah, Aulia Adhatul dan Sumantri, Yeni Kurniawati. 2021. Penerapan Brainwriting untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Membaca Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 10 (1), 1-10. 15 Januari 2022. https://doi.org/10.17509/factum.v10i1.28438.


Article Metrics

Abstract view : 38 times | DOWNLOAD PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PIR My Stats

 

Phinisi Integration review editorial :