Pemberian LKPD Berbantuan Scaffolding pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 5 Kota Ternate

Hernita Pasongli(1*), Eva Marthinu(2), Susana R Bahara(3), Akson Akson(4), Muhamad Ihsan Azhim(5),

(1) Universitas Khairun
(2) Universitas Khairun
(3) Universitas Khairun
(4) Universitas Khairun
(5) Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i3.38098

Abstract


The aims of this study were: 1) to determine the effect of providing LKPD assisted by Scaffolding on learning outcomes for geography subjects. 2) by presenting scaffolding it can improve student learning outcomes at SMP Negeri 5 Ternate City. This research is a quasi-experimental research with nonequivalent Control Group Design. This study used two classes, namely the experimental class and the control class. The sample was selected by random sampling, namely class VIIa and VIIb with the research instrument used was a test question. The results of data analysis obtained homogeneity and normal distribution, then continued with (test) so that it showed differences in learning outcomes and treatment before the study in the experimental class. The n-gain analysis obtained a value of 0.74 with high criteria with the conclusion that the provision of scaffolding-assisted LKPD can improve student learning outcomes.

 

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengaruh pemberian LKPD berbantuan Scaffolding pada Hasil Belajar mata Pelajaran geografi. 2) dengan pemberian LKPD berbantuan  scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 5 Kota Ternate. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperiment dengan desain nonequivalent Control Group Desaign. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas ekperimen dan kelas control. Sampel terpilih secara random sampling yaitu kelas  VIIa dan VIIb  dengan instrument penelitian yang digunakan adalah soal tes. Hasil analisi data diperoleh homogenitas dan distribusi normal, kemudian dilanjutkan dengan (uji t) sehingga menunjukan adanya perbedaan hasil belajar dan sebelum perlakuan penelitian pada kelas eksperiment. Analisis n-gain diperoleh nilai 0,74 dengan kriteri tinggi dengan kesimpulan bahwa pemberian LKPD berbantuan scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Keywords


Scaffolding; LKPD; Students; Perancah; LKPD; Peserta Didik

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Aini, N., Abdurrahman, dan Maharta, N. 2015. Pengaruh Aktivitas Scaffolding dalam Konteks Scientific Approach Terhadap Hasil Belajar Konsep Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika. 3(3): 51-62

Apriana, Maharta, N., dan Abdurrahman. 2014. Pengaruh Scaffolding dalam Pemecahan Masalah Fisika Berbasis Multirepresentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 2(1): 109-121.

Annafi, N., Ashadi dan Mulyani, S., 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Jurnal Inkuiri. ISSN: 2252-7893. Vol 4(3)

Bikmaz, F. H., Calebi, O., Ata, A., Ozer, E., Zoyak, O., & Recber, H. 2010. Scaffolding Strategies Applied by Student Teachers to Teach Matematics. The International Journal of Research in Teacher Education. 1(1): 25-36.

F. Samad, dan H. Pasongli. 2020 Caring Community in Early Childhood Learning on Theme ‘Profession’ Based on Lesson Study Activity. Sriwijaya International Journal of Lesson Study. Volume 1 No 1 (19-24)

Hamidah, Rosidin, U., dan Abdurrahman. 2013. Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Eliciting Activities Menggunakan Strategi Scaffolding. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1 (6): 129- 138.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. (Yogyakarta: Pustaka Belajar)

Mimin, R. 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. Jurnal Chemica Vol. 10 Nomor 2, 55-60

Muhaimin dkk, 1966. Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Citra Media.

Morgan, K., and D. W. Brooks. 2012. Investigation a method of scaffolding student designed experiment. Journal of Science Education and Technology. 2(1): 531-522.

Nurliah. 2017. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX.1 SMPN 1 Mamuju Melalui Pendekatan Scaffolding dengan model Problem Based Learning. Social Landscape Journal. Volume 2 No 1. (01-13)

Nur Wahidin Ashari, Salwah and Fitriani A. 2016. Implementas Strategi Pembelajaran Scaffolding Melalui Lesson Study Pada Mata Kuliah Analisi Real‟, Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, vol.1, no.1

Puspitasari, D., Rusman, T., dan Nurdin. 2015. Hasil Belajar IPS Terpadu Model Scaffolding dan LS dengan Memperhatikan Kemampuan Awal. Jurnal Edukasi Ekobis.3 (7): 1-12.

Sri Utami, W., Sumarmi, -, Ruja, I. N., dan Utaya, S. (2016). The Effectiveness of Geography Student Worksheet to Develop Learning Experiences for High School Students. Journal of Education and Learning, 5(3), 315. https://doi.org/10.5539/jel.v5n3p315

Rahmah, R. 2016. Pengembangan Media Berbasis Strategi Scaffolding Melalui Pendekatan Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Tesis. Bandar Lampung: FKIP Unila.

Wang, C. Y. 2014. Scaffolding Middle SchooO_ 6WXGHQW¶V_Constuctions of Scientific Explanations: Comparing a cognitive versus a metacognitive evaluation approach. International of Science Education. 37 (2): 237-271.


Article Metrics

Abstract view : 154 times | DOWNLOAD PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: