Pengaruh Pembelajaran IPS Materi Sejarah Terhadap Sikap Nasionalisme Berbasis Kearifan Lokal Pada Peserta Didik Di MTs Al Mansur Biangloe Kabupaten Bantaeng
(1) Mts Al-Mansur Biangloe Kabupaten Bantaeng
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i2.33559
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aan Hasanah, dkk., 2015 :Nilai-nilai Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah, Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Affan, M. H. dan Hafidh Maksum. 2016. “Membangun Kembali Sikap Nasionalisme Bangsa Indoneisa dalam Menangkal Budaya Asing di Era Globalisas”. Jurnal Pesona Dasar. Volume 3 (4)
Agung L dan Sri Wahyuni, 2013 : Perencanaan Pembelajaran Sejarah Yogyakarta.Ombak
Aman, 2011.:Model Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta. Ombak.
Arikunto. 2016, Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek, Jakarta. Rineka Cipta
Creswell, John W, 2016: Reseacrch Design: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung. Alfabeta
Didied Affandy dan Putu Wulandari. (2012). An Expliration Local Wisdom Priority in Public Budgeting Process ol Local Goverment. Int. J. Eco. Res. 5(III). Hlm. 61-76.
Kochar. S. K. 2008. “Pembelajaran Sejarah, Teaching of History”. Jakarta: PTGrasindo anggota IKAPI.
Lestari, S. U., dkk. 2018. “Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukorejo”. Indonesian Journal of History. Volume 6 (2).
Listyarti, Retno dan Setiadi, 2008,Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMA/MA dan SMK Kelas X . Jakarta: Erlangga
Magdalia Alfian. (2013). Potensi Kearifan Lokal dalm Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa. Prosiding The 5th International Cofereence on Indonesian Studies: “Ethnicity and Globalization”. Jakarta: FIPB UI.
Mungmachon, Roikhwanphut. (2012). Knowledge and Local Wisdom: Community Treasure. International Journal of Humanities and Social Science. 13(II). Hlm. 174-181.
Sugiyono, 2009: Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung Alfabeta
Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Winarti, M. 2017. “Mengembangkan Nilai Nasionalisme, Patriotisme, dan Toleransi Melalui Enrichment dalam Pembelajaran Sejarah tentang Peranan Yogyakarta selama Revolusi Kemerdekaan”. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah. Volume 1 (1).
Zuhdan K. Prasetyo. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Prosidind, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. Surakarta. FKIP UNS
Article Metrics
Abstract view : 88 times | PDF view : 25 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: