Pengaruh Penggunaan Gadget dan Perilaku Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar

Risnawati Risnawati(1*), Darman Manda(2), Suardi Suardi(3),

(1) UPTD SDN 25 Barru
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i1.31802

Abstract


The purpose of this study was to determine: (i) The effect of using gadgets on student learning achievement in Cluster I Region 3 Barru District, Barru Regency, (ii) The effect of social behavior on student learning achievement in Cluster I Region 3 Barru District, Barru Regency. (iii) The effect of using gadgets and social behavior on the learning achievement of students in Cluster I Region 3, Barru District, Barru Regency. The research method used is a survey research type with a quantitative approach. The data collection techniques used are questionnaires and documentation. The population in this study is cluster I, region 3, sub-district, Barru, Barru Regency, with a total of 168 students and a sample of 119 students using the Krejcie table. The results of this study indicate (i) There is an effect of using gadgets on learning achievement in Cluster I region 3, Barru sub-district, Barru Regency, (ii) There is an influence of social behavior on learning achievement in Cluster I region 3, Barru sub-district, Barru Regency. (iii) There is an effect of gadget use and social behavior on learning achievement in cluster I Region 3 Barru District, Barru Regency

Keywords


Gadget Use, Social Behavior, Learning Achievement

Full Text:

PDF

References


Aini, P dan Taman A. 2012. “ Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011” dalam Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 10/No. 1, 46-65.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Azhari, Akyas. 2004. Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: PT. Mizan Publika.

Badan Pusat Statistik. 2019. Penggunaan Telephon Seluler. Jakarta: BPS. Statistics Indonesia.

Baron, R.A dan Donn Byrne. 2012. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Chusna, Puji Asmaul. 2017. Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17, 2. 315-330

Effendi. 2013. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hakim, Thursan. Belajar Eecara efektif . Jakarta Pusat Pembangunan Swadaya Nusantara. 2008

Harfiyanto. 2015. Gadget, Penggunaandan Dampak pada Anak-Anak. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hasanah, N., & Kumalasari, D. 2015. Penggunaan Handphone dan Hubungan Teman Pada Perilaku Sosial Siswa SMP Muhammadiyah Luwuk Sulawesi Tengah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2, 1, 55–70.

Hastri, R & Rahmita N. M. 2017. Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Prestasi belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar FIBONACCI. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4, 1, 25-36.

Hurlock, E.B. 2003. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta: Erlangga.

Ibrahim, Rusli. 2004. Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Irawan & Leni Armayanti. 2013. Pengaruh Kegunaan Gadget Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Pada Remaja. Jurnal An-Nas, 8, 2, 29-38.

Istiqomah, W. 2019. Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ips Kelas V Sd Negeri Gugus Drupadi Kecamatan Gunungpati Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Iswidharmanjaya, Derry. 2014. Bila Si Kecil Bermain Gadge: Panduan bagi Orang Tua untuk Memahami Faktor-faktor Penyembab Anak Kecanduan Gadget. Google Books.

Multahada, Erna. 2010. Merpsy: Pengguna Internet dan Perkembangan Anak. Jakarta: fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana.

Nirwana, Angella Jelita. Marliyah, Lili. 2020. Pengaruh Sikap Sosial terhadap Prestasi belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Jati Kudus. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1, 1, Juni 2020.

Nurmalasari, N., & Wulandari, D. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Tingkat Prestasi Siswa SMPN Satu Atap Pakisjaya Karawang. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 3(2), 211-218.

Pertama, Yordi Anugrah. 2015. Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget. Jurnal Ilmiah. 13. 1 Hal 15-20

Prayuda, Rio Aditya. Dkk. 2020. Pengaruh Pemakaian Gadget terhadap Perilaku Sosial Siswa di Sekolah Dasar Negeri Taal 01 Kecamatan Tapen Kabu. Bondowoso. Jurnal Keperawatan Profesional (JKP), 8, 1, Februari 2020.

Putra., C.A. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2, 2, 1-10.

Rachmawati, P., Rede, A., & Jamhari, M. 2017. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2013 FKIP UNTAD Pada Mata Kuliah Desain Media Pembelajaran. E-Jip Biol, 5, 35–40.

RI, K. P. N. 2019. Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Saroinsong, W. P. 2016. Gadget Usage Inhibited Interpersonal Intelligence of Children On Ages 6-8 Years Old. Jurnal Tekpen, 1, 4.

Slameto. 2010. Belajardan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, A. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadi, Suryabrata. 2007. Psikologi Pendidikan (suatu penyajian secara operasional). Yogyakarta: Rake Press

Sunarto, Kamanto. 2014. Pengantar Sosiologi, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Edisi ke-3, h. 58

Suparwi, S. 2019. Laporan Penelitian Penelitian Dasar Pengembangan Prodi Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Dan Perilaku Sosial Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Iain Salatiga Tahun 2018.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Syahyudin, Dindin. 2019. Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa. Jurnal Kehumasan, 2, 1.

Syifa, dkk. 2019. Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, 4,Tahun 2019, pp. 527-533.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta: Sinar Grafika.

Wahyudi, W., Jaya, H., & Sabara, E. (2021). Evaluation of the Practicality and Effectiveness of Microcontroller-Based Robotics Trainers as Learning Media. International Journal of Environment, Engineering & Education, 3(1), 25–31.

Walgito, B. 2011. Teori-teori Sosial. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Widiawati, I., Sugiman, H., & Edy. 2014. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur. Jurnal Ilmiah.

Wigfield, A, & Cambria, J. (2010). Students Achievement Values, Goal Orientations, and Interest: Definitons, Development, and Relations to Achievement Outcomes. Developmental Review, 1-35

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama


Article Metrics

Abstract view : 698 times | PDF view : 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: