Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perebedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPS antara kelas yang menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik dan kelas yang tidak menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian eksperimen. Peneltian ini berlangsung pada bulan Oktober 2021. Populasi penelitian adalah peserta didik SD gugus 03 Kecamatan Libureng Kabupaten Bone. Dengan teknik sampling kuota diperoleh sampel berjumlah 93 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa soal, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji t dan uji one-way MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPS antara kelas yang menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik dan kelas yang tidak menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik dimana nilai probabilitas yang diperoleh 0,00 yang berarti nilai tersebut lebih kecil dari 0,05.
Keywords
Motivasi belajar, hasil belajar, LKPD, pendekatan saintifik
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 Tentang Standar akademik dan Kompetensi Konselor. Online. Diakses dari http://www.bnsp-indonesia.org/document.php?id=44.
Ula, S. Shoimatul. 2013. Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Wulandari, B. 2013. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Online (Jurnal). Diakses dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=138040&val=438