Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint, Motivasi, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi

Jumardi Jumardi(1*), Abdul Rahim(2), Andika Wahyudi Gani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i1.31768

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media powerpoint, motivasi, dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi di kelas VIII MTs Al-Mukrimin GUPPI Bulukasa Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan Ex-Post Facto menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa, dimana populasi semua dijadikan sampel melalui teknik sampling total. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrument meliputi uji validitasi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif dan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji korelasi, uji regresi berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan simultan penggunaan media powerpoint, motivasi, dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi di kelas VIII MTs Al-Mukrimin GUPPI Bulukasa Kabupaten Bone.

Keywords


Minat Belajar, Media PowerPoint, Motivasi, dan Lingkungan Keluarga.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, E. (2017). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Tari Di SD Negeri Dukuhwaru 4 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajara Siswa (1st ed.). Yogyakarta : CV Budi Utama.

Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(1), 90–100. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/592/502

Efendi, R., & Ningsih, A. R. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah (Tim Qiara Media (ed.); Pertama, pp. 1–184). Pasuruan : Qiara Media.

Hakim, T. (2005). Belajara secara Efektif. Jakarta : Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Halid, H., Adu, L., & H Muzakkir. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Pengolahan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah (1st ed.). Yogyakarta : CV Budi Utama.

Hasan, M. (2020). Literasi dan Prilaku Ekonomi: Transfer Pengetahuan Kewirausahaan dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi Informal (p. 506). Bandung : Media Sains Indonesia.

Kaharuddin. (2018). Mahir Desain Slide Presentasi Dan Multimedia Pembelajaran Berbasis Powerpoint (1st ed.). Yogyakarta : Deepublish.

Khaerunnisa, F., Sunarjan, Y., & Atmaja, H. T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 31–41.

Kumalasari, D. (2018). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar (Pertama). Yogyakarta : Deepublish.

LP3i. (2021). Bagaimana Cara Meningkatkan Minat dan Hasrat Belajar? LP3i. https://www.lp3i.ac.id/bagaimana-cara-meningkatkan-minat-dan-hasrat-belajar/ (Diakses 6 Mei 2021)

Oktapia, D., Asmara, Y., & Yati, R. M. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPS pada Siswa dengan Media Pembelajaran Power Point. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(2), 169–174. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i2.941

Palanda, L. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Ekonomi Peserta Didik di SMKN 4 Makassar. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar (Pertama). Yogyakarta : Deepublish.

Pribadi, B. A. (2019). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran (2nd ed.). Jakarta : Pranamedia Group.

Sarah, C., Karma, I. N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Gugus III Cakranegara. Progres Pendidikan, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.60

Supriyono, D. (2015). Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Masa Kini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sutrisno. (2021). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran (Y. Umaya (ed.); 1st ed.). Malang : Ahlimedia Press.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi : Haura Publishing.

Tysara, L. (2021). 11 Fungsi Microsoft Power Point, Ketahui Fitur Andalan dan Cara Menggunakannya. Liputang6.

https://hot.liputan6.com/read/4466990/11-fungsi-microsoft-power-point-ketahui-fitur-andalan-dan-cara-menggunakannya. (Diakses 05 Maret 2021)

Undang-undang RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum (pp. 1–38). http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di bidang Pendidikan (Junwinanto (ed.)). Jakarta : PT Bumi Aksara.

Yunita, S. (2020). Media Pembelajaran Matematika Berbasis TIK (N. Pangesti (ed.); 1st ed.). Malang : Ahlimedia Press.

Yusuf, Y., Setyorini, R., Rachmawati, R., Sabar, Nuramila Tyaningsih Yulis, R., Nuramila, Ardiana Yudhi Putu, D., & Hanika Musfirowati, I. (2020). Call For Book Tema 3 (Media Pembelajaran) (S. F Diah (ed.)). Surabaya : CV. Jakad Media Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 204 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PIR My Stats

 

Phinisi Integration review editorial :