Gerakan Sosial Dalam Membangun Kesadaran Lingkungan Terhadap Pengelolaan Sampah Plastik

Ramlah Ramlah(1*), Andi Agustang(2), Muhammad Syukur(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i1.31750

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk gerakan sosial dalam membangun kesadaran lingkungan terhadap pengelolaan sampah plastik pada Makassar Ecobrick Community  di Kota Makassar, 2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran lingkungan terhadap pengelolaan sampah plastik pada Makassar Ecobrick Community  di  Kota Makassar, 3) Mendeskripsikan tahapan-tahapan pengelolaan sampah plastik pada Makassar Ecobrick Community  di Kota Makassar. Jumlah informan sebanyak 10 orang. Teknik dalam menentukan informan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu: 1) Merupakan anggota yang sering mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh Makassar Ecobrick Community  dan  sudah lama bergabung minimal 1 tahun, 2) Anggota Makassar Ecobrick Community yang memiliki sertifikat Ecobrick Trainer dari Global Ecobrick Alliance (GEA), 3) Penanggungjawab Makassar Ecobrick Community. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk gerakan sosial dalam membangun kesadaran lingkungan terhadap pengelolaan sampah plastik pada Makassar Ecobrick Community  di Kota Makassar yaitu: (a) Gerakan ekspresif (expresive movement) dan (b) Gerakan alternatif (alternative movement).  2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran lingkungan terhadap pengelolaan sampah plastik pada Makassar Ecobrick Community  di Kota Makassar yaitu: (a) Faktor yang mengubah dari ketidaktahuan menjadi tahu, (b) Faktor yang membangun rasa kemanusiaan, dan (c) Faktor gaya hidup. 3)Tahapan-tahapan pengelolaan sampah plastik pada Makassar Ecobrick Community  di Kota Makassar yaitu: (a) Tahap persiapan, (b) Tahap sosialisasi serta praktek pembuatan ecobrick dan (c) Tahap akhir.

Keywords


Gerakan Sosial, Kesadaran Lingkungan, Pengelolaan Sampah Plastik dan Ecobrick

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 1999. Psikologi Sosial. Jakarta: Rhineka Cipta.

Anomin. 2008. Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. Jakarta.

Eyerman, Ron and Jamison, Andrew. 1991. Social Movements: A Cognitive Approach. Pennsylvania: Pennsylvania University Press.

Fatchurrahman, M. T. 2018. Manajemen Pengelolaan Sampah Bekelanjutan Melalui Inovasi “Ecobrick” oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Hollinger, David A. 2006. From Identity to Solidarity. Daedalus. Journal Paradigma. On Identity. Vol.135, No. 4, 125-126.

(https://www.jstor.org, Diakses 25 Oktober 2020).

Izudin, Ahmad. 2015. Gerakan Sosial Serikat Petani Daerah Istimewah Yogyakarta Periode 2006-2015 (Strategi, Pola, dan Tantangan). Tesis. Daerah Istimewah Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Kriswanto, Erwin Setyo. 2013. Kesadaran Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta Terhadap Kesehatan Lingkungan Kampus. Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga. Vol.XI. No.1, 35.

(http://journal.uny.ac.id/download/PDF, Diakses 29 Oktober 2020).

Lofland. 2003. Protes: Studi Tentang Gerakan Sosial. Yogyakarta: Insist Pers.

Neolaka, Amos. 2008. Kesadaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta.

Purboningsih, Sayekti. D. 2015. Gerakan Sosial Baru Perspektif Kritis: Relawan Politik dalam Pilpres 2014 di Surabaya. Jurnal Review Politik, 5(1), 100-125.

(Retrievedfromhttp://jurnalpolitik.uinsby.ac.id/index.php/jrp/article/download/62/62, Diakses 2 November 2020).

Santrock, John W. 2002. Life Span Development. Jakarta: Erlangga.

Situmorang, Abdul Wahib. 2007. Gerakan Sosial: Studi Kasus Beberapa Perlawanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumber:memberdetikforum.comgreenlivingDiakses 4 November 2020).

Wiktorowicz, Quintan (Ed). 2012. Gerakan Sosial Islam: Teori, Pendekatan, dan Studi Kasus. (Tim Penerjemah Paramadina, Penerjemah). Yogyakarta: Gading Publishing & Yayasan Wakaf Paramadina.

Jurdi, Syarifuddin. 2014. Sosiologi Islam & Masyarakat Modern: Teori, Fakta, dan Aksi Sosial. Jakarta: Kencana.

Anomin. 2008. Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 825 times | PDF view : 229 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: