Pengaruh Perhatian orang tua dan disiplin Belajar terhadap Minat dan Prestasi Belajar

Fitri Sudirman(1*), Herman Herman(2), Suardi Suardi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i1.31744

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui 1)Pengaruh perhatian orang tua terhadap minat belajar peserta didik di UPT SDN 176 Pinrang. 2) Pengaruh disiplin belajar terhadap minat belajar peserta didik di UPT SDN 176 Pinrang. 3) Pengaruh perhatian orang tua dan disiplin terhadap minat belajar peserta didik di UPT SDN 176 Pinrang.4) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik di UPT SDN 176 Pinrang.5) Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di UPT SDN 176 Pinrang.6) Pengaruh perhatian orang tua dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di UPT SDN 176 Pinrang. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survey dengan pendekatan kuatitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik  kelas III.A, III.B, IV dan V di UPT SDN 176 Pinrang. Dalampenelitian ini,   pengambilan sampel   menggunakan  Teknik cluster sampling (area sampling), Teknik cluster sampling adalah  yang mempunyai tujuan utama untuk mengelompokkan objek-objek/cases berdasarkan karakteristik yang dimilikinya sampel yang berjumlah  80 sampel dengan menggunakan tabel krejcie. Data penelitian penelitian dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)Terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap minat belajar di UPT SDN 176 Pinrang.2) Terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap minat belajar di UPT SDN 176 Pinrang. 3) Terdapat pengaruh perhatian orang tua dan disiplin  terhadap minat belajar di UPT SDN 176 Pinrang. 4) Terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar di UPT SDN 176 Pinrang. 5) Terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar di UPT SDN 176 Pinrang.6) Terdapat pengaruh perhatian orang tua dan disiplin  terhadap prestasi belajar di UPT SDN 176 Pinrang.


Keywords


Perhatian Orang tua, Disiplin Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, B., & Harnanik, H. (2015). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas xi smk islam nusantara comal kabupaten pemalang. Dinamika Pendidikan, 10(1), 42–52.

Anwar, M. 2014. Pengantar Kewirausahaan teori dan aplikasi. Jakarta: Prenada.

Baharuddin, H. 2007. Psikologi pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Dharmawati, D. M., Nadiroh, N., & Marini, A. (2020). Developing Entrepreneurship Education Model in Improving the Skills of Recycling of Elementary School Students. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 117–131.

Dharmawati, M. 2016. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Evaliana, Y. 2015. Pengaruh efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen), 1(1), 53–60.

D. Made Dharmawati. 2019. Kewirausahaan. Depok: Rajawali pers, Cetakan ketiga.

Fuâ, I. F., Eko, B., & Murdani, M. (n.d.). Hubungan Minat Berwirausaha Dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XII Teknik Otomotif Smk Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, 9(2), 129855.

Ginting, M., & Yuliawan, E. 2015. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa (studi kasus pada STMIK Mikroskil Medan). Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: JWEM, 5(1), 61–70.

Helmawati, P. K. 2014. Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cetakan Pertama.

Kasmir. 2016. Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Pers, Cetakan ke Sebelas.

Kristanto, H., & Heru, R. 2009. Kewirausahaan (Entrepreneurship): Pendekatan manajemen dan praktik. Makassar: Graha Ilmu.

Lestari, S. 2012. Psikologi keluarga . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Maith, H. A. 2013. Analisis Laporan Keuangan dalam Mengukur Kinerja Keuangan pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Mulyani, E. 2011. Model pendidikan kewirausahaan di pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1).

Rahmadi, A. N., & Heryanto, B. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri. Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2).

Suhartini, Y. 2011. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwiraswasta. Jurnal Akmenika UPY, 7.

Syam, H. 2007. kewirausahaan. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Widhari, C. I. S., & Suarta, I. K. 2012. Analisis faktor-faktor yang memotivasi mahasiswa berkeinginan menjadi wirausaha. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(1), 54–63

Wijaya, T. 2007. Hubungan adversity intelligence dengan intensi berwirausaha (studi empiris pada siswa SMKN 7 Makassar). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(2), 117–127.

Yanti, P. E. D., Nuridja, I. M.,& Dunia, I. K. 2014. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).

Yusuf, S.. LN dan Nani, M. Sugandhi. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 132 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PIR My Stats

 

Phinisi Integration review editorial :