Pengaruh Pembelajaran Online dan Kompetensi IT Guru terhadap Hasil Belajar IPS Siswa

Raodatuljannah Raodatuljannah(1*),

(1) Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i1.31579

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar IPS siswa di SD Negeri Minasaupa Kec. Rappocini Kota Makassar.(2) Pengaruh Kompetensi IT Guru Terhadap Hasil Belajar IPS siswa di SD Negeri Minasaupa Kec. Rappocini Kota Makassar. (3) Pengaruh Pembelajaran Online dan Kompetensi IT Guru terhadap Hasil Belajar IPS siswa di SD Negeri Minasaupa Kec. Rappocini Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif, pengambilan sampel sebanyak 96 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah, analisis deskriptif yang meliputi nilai mean, modus, median, rata-rata dan standar deviasi. Serta analisis statistik inferesial yang meliputi uji korelasi dan uji analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh Pembelajaran Online terhadap hasil belajar IPS siswadi SD Negeri Minasaupa Kec. Rappocini Kota Makassar; (2) Terdapat pengaruh Kompetensi IT Guru terhadap Hasil Belajar IPS siswa di SD Negeri Minasaupa Kec. Rappocini Kota Makassar; (3) Pembelajaran Online dan Kompetensi IT Guru memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar IPS siswadi SD Negeri Minasaupa Kec. Rappocini Kota Makassar.

Keywords


Pembelajaran Online,Kompetensi IT Guru, Hasil Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Batubara, H. H. 2015. Planning, Creating and Using ICT in Teaching Among Islamic Elementary School Teachers.Malang: In ICIESA FITK UIN Malang.

Darmalaksana, W.2020. WhatsApp Kuliah Mobile . Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dimyati, & Mudjiono.2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Etin Solihatin & Raharjo. 2005. Cooperative Learning, Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara

Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik: Proses Dan Hasil Belajar. Bandung:Pt Remaja Rosdakarya

Menteri Pendidikan Nasional RI. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi.

Pohan, A. F. 2020. Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. :CV. Sarnu Untung.

Rochaman, N.2005. Aktivitas Belajar. Jakarta: Depdiknas.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

UNESCO. 2011. UNESCO ICT Competency Framework for Teacher. UNESCO and Microsoft. France: UNESCO and Microsoft. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415 324.004


Article Metrics

Abstract view : 11 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PIR My Stats

 

Phinisi Integration review editorial :