Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar IPS siswa di SD Negeri Minasaupa Kec. Rappocini Kota Makassar.(2) Pengaruh Kompetensi IT Guru Terhadap Hasil Belajar IPS siswa di SD Negeri Minasaupa Kec. Rappocini Kota Makassar. (3) Pengaruh Pembelajaran Online dan Kompetensi IT Guru terhadap Hasil Belajar IPS siswa di SD Negeri Minasaupa Kec. Rappocini Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif, pengambilan sampel sebanyak 96 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah, analisis deskriptif yang meliputi nilai mean, modus, median, rata-rata dan standar deviasi. Serta analisis statistik inferesial yang meliputi uji korelasi dan uji analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh Pembelajaran Online terhadap hasil belajar IPS siswadi SD Negeri Minasaupa Kec. Rappocini Kota Makassar; (2) Terdapat pengaruh Kompetensi IT Guru terhadap Hasil Belajar IPS siswa di SD Negeri Minasaupa Kec. Rappocini Kota Makassar; (3) Pembelajaran Online dan Kompetensi IT Guru memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar IPS siswadi SD Negeri Minasaupa Kec. Rappocini Kota Makassar.
Keywords
Pembelajaran Online,Kompetensi IT Guru, Hasil Belajar IPS
Batubara, H. H. 2015. Planning, Creating and Using ICT in Teaching Among Islamic Elementary School Teachers.Malang: In ICIESA FITK UIN Malang.
Darmalaksana, W.2020. WhatsApp Kuliah Mobile . Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Dimyati, & Mudjiono.2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Etin Solihatin & Raharjo. 2005. Cooperative Learning, Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara
Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik: Proses Dan Hasil Belajar. Bandung:Pt Remaja Rosdakarya
Menteri Pendidikan Nasional RI. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi.
Pohan, A. F. 2020. Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. :CV. Sarnu Untung.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
UNESCO. 2011. UNESCO ICT Competency Framework for Teacher. UNESCO and Microsoft. France: UNESCO and Microsoft. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415 324.004