Strategi Mencari Nafkah Keluarga Nelayan Pada Masa Paceklik

Musdalifah Musdalifah(1*), Firdaus W Suhaeb(2), Abdul Rahman A. Sakka(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i1.31577

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Nafkah (Livelihood) Keluarga Nelayan pada Masa Paceklik Di Sumpang Binangae Kabupaten Barru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian adalah bagaimana strategi nafkah (livelihood) keluarga nelayan pada masa paceklik. Penentuan informan penelitian adalah dengan Purposive Sampling. Informan penelitian adalah nelayan dan keluarga nelayan. Data berasal dari data primer dan sekunder yang dianalisis secara statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pola nafkah ganda keluarga nelayan masa paceklik yang ada di Sumpang Binangae Kebupaten Barru adalah memberdayakan istri untuk turut menjadi pekerja lepas atau berjual sayur mayur (2) Sumber nafkah keluarga nelayan pada masa paceklik di Sumpang Binangae Kebupaten Barru adalah menjual ikan hasil tangkapan nelayan dari daerah lain, menebang kayu, bertai, menggarap sawah, menjual kelapa, dan bekerja serabutan (3) Jaringan sosial keluarga nelayan pada masa paceklik di Sumpang Binangae Kebupaten Barru terbentuk dari system kepercayaan yang telah berlangsung sejak lama dalam bentuk saling membantu dalam memenuhi kebutuhan.


Keywords


Livelihood, nelayan, masa paceklik

Full Text:

PDF

References


Owombo, P.T., Koledoye, G.F., Ogunjimi, S.I., Alkinola, A.A., Deji, O.F., dan Bolarinwa, O. 2014. Farmer’s Adaptation to Climate Change in Ondo State, Nigeria: A Gender Analysis”. Jurnal of Geography and Regional Planning, 7.

Parera. R. O. Sahusilawane, M. A. & Tuhumury. F. T. M. 2015. Etika Moral dan Strategi Nafkah Pekerja Harian Lepas Pada PTPN XIV Kebun Awaya Kecamatan Teluk Elpaputih Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Agrilan. 3 (1) : 2-19.

Rahim, Abd. 2013. Komparasi Hasil Tangkapan Nelayan Tradisional Wilayah Pesisir Pantai Barat Kabupaten Barru. Jurnal Kebijakan Sosek Kp, 3, 2.

Retnowati, Endang. (2011). Nelayan Indonesia Dalam Pusaran Kemiskinan. Struktural. Surabaya: Universitas Wijaya Kusuma.

Sajogyo. 1982. Modernization Without Development. The Journal of Social Studie. Bacca. Bangladesh.

Ulfa, Mariam. 2018. Persepsi Masyarakat Nelayan dalam Menghadapi Perubahan Iklim (Ditinjau Dalam Aspek Sosial Ekonomi). Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktik dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, tahun 23, No 1, halaman: 41-49.

Widodo S. 2009. Strategi Nafkah Rumah Tangga Miskin di Daerah Pesisir. Skripsi. Tidak diterbitkan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Zid M. 2011. Fenomena Startegi Nafkah Keluarga Nelayan: Adaptasi Ekelogis di Cikahuripan Cisolok Sukabumi. Jurnal Sosialita. 9(1) : 32-38.


Article Metrics

Abstract view : 209 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: