Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v1i1.31570
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abu, Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rieka Cipta.
Ardiansyah. 2017. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. Tesis. Universitas Negeri Makassar.
Astuti, Muslika Budi.2016. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajara Matematika pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMA Negeri 2 Colomandu Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. (http://eprints.ums.ac.id.). Diakses pada 16 Februari 2021.
Bangun, D. 2008. Hubungan Persepsi Siswa tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Ekonomi & Pendidikan Vol 5 No 1. (https://journal.uny.ac.id) diakses tanggal 15 Januari 2021.
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya
Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hilaluddin, Teja. 2019. Pegaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. (Online). Diakses pada 5 November 2020.
Kalsum, Ummu dan Imran. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelaran PKn Melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Kelas V SDN Sibea. Jurnal.Jurnal Kreatif Tadulako. Vol.4 (10). (https://journal.untad.ac.id). Diakses pada 16 April 2020.
Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Iteraktif. Bandung: Refika Aditama.
Mustari, Muhammad. 2019. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada.
Njoroge, Philomena Mukami and Ann Nduku Nyabuto. 2014. Discipline as a Factor in Academic Performance in Kenya. Journal of Educational and Social Research. (Online). Vol. 4 No. 1. Tersedia: http://www.mcser.org /journal/index.php/jesr/article/view/1847. Diakses pada 24 September 2021.
Patty, F, dkk. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Surabaya: Usaha Nasional.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
---------. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumardi .2013. Psikologi Pedidikan. Jogjakarta: Raja Grafindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembalajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Bekajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun. 2019. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Undang-undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Zulkiram. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Fiqh Siswa MAN Sibreh Aceh Besar. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri ARr-Raniry. (https://repository.ar-raniry.ac.id). Diakses pada 15 Februari 2021.
Zuriah, Nuzul, 2009. Metodologi Penelitian Sosial Pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 287 times | PDF view : 122 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: