Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Motivasi Secara Parsial Terhadap Perilaku Berwirausaha Siswa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v5i1.31497
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan motivasi secara parsial terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Makassar; (2) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan motivasi secara simultan terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Makassar. (3) Variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 302 siswa yang terdiri atas siswa kelas X, XI dan XII pada Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) di SMK Negeri 1 Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan sampel yang berjumlah 75 siswa dari berbagai tingkatan kelas yakni kelas X, XI dan XII Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, serta kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan program SPSS 21 for windows Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan kewirausahaan dan motivasi secara parsial terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Makassar; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan kewirausahaan dan motivasi secara simultan terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Makassar; (3) Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Makassar adalah variabel motivasi yakni sebesar 63% .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Azwar, S. 2012. Penyusunan Skala Psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bakhtiar Amsal. 2014. Filsafat Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers
Christensen, L.B. 2001.Experimental Methodology. Boston: Allyn and Bacon
Drucker, Petter f. 1996.Inovasi dan Kewirausahaan Praktek dan Dasar-Dasar. Jakarta: Erlangga
Hamzah B.Uno, 2007.Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hasibuan. 2006. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara
Hayati, Rahmah Nur. 2007. Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Motivasi terhadap Minat Bidan Mengikuti Uji Kompetensi di Kota Semarang. Tesis
Hendrawan, Hine Sirine. 2017. Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Kewirausahaan 2 (3)
Kintowicaksono, 2012.Pengaruh Pengetahuan Wirausaha dan Kemampuan Memecahkan Masalah Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.Jurnal ekonomi. 1 (1)
Kristanto, 2009.Kewirausahaan (Enterpreneurship). Yogyakarta: Graha Ilmu
Leonardus, Saiman. 2009. Kewirausahaan, Teori, Praktek, dan Kasus-Kasus. Jakarta: Salemba empat
Mardiyatmo, 2005.Kewirausahaan. Yogyakarta: Yudhistira
Notoatmojo, S. 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta; PT.Rineka Cipta
Riduawan, 2013.Metode dan Teknik Menyusun. Bandung: Alfabeta
Robbins, Stephen. 2001. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT.Prenhalindo
Robert L. Mathis. John H. Jakson. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jaklarta: PT. Salemba Emban Patria
Sahabuddin, Romansyah; Salmiah Thaha; Nurjaya; Fatmawati. 2018. Effect of Visual Learning Style and School Climate on Students' Achievement of Learning Entrepreneurship at SMKN 1 Palanga. Journal of Entrepreneurship Education. Research Article: 2018 Vol: 21 Issue: 3 (Print ISSN: 1098-8394)
Sugiyono, 2012.Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabet
Sugiyono, 2016.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R.D. Bandung: Alfabet
Sugiyono, 2017.Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta
Syukur, Fredely Fdli. 2012. Mendidikan dengan Tujuan Nilai Keajaiban. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sardiman. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa
Sardiman, 2010.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Siregar. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Fajar Interpretama Mandiri
Sukardi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Surajiyo, 2007.Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Sidi Gazalba. 1992. Sistematika Filsafat. Jakarta: Bulan Bintang
Syam, Husain. 2007. Kewirausahaan Langkah Praktis Menuju Sukses. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Sukirman.2017. Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui Perilaku Kewirausahaan.Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus. 20 (1), 115
Suryana, 2003.Kewirausahaan, Pedoman Praktis dan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Bandung: Salemba Empat
Soemanto, W. 2002.Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: Bumi Aksara
Septiany, Fiska Rahma. 2019. Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha.Jurnal Management 1 (3)
Septiana, Ayu Putri. Sri Kantun. Ratna Ngesti Sedyati. 2017. Perilaku Kewirausahaan Pengusaha Mabel di Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember.Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11 (1), 32
Trisnawati, Novi. 2014. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Dukungan Sosial Keluarga pada Minat Berwirausaha Siswa SMKN 1 Pemekasan.Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan , 2 (1), 62
Widasworo, Erwin. 2018. Mahir Penelitian Pendidikan Modern. Araska
Yusuf, A.Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Grop
Article Metrics
Abstract view : 152 times | PDF view : 43 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: