Analisis Perkembangan Kebun Raya Massenrempulu Enrekang Di Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang 2004-2019

Ridwan Lahe(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i3.24422

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui bagaimana latar belakang terbentuknya Kebun Raya Masenrempulu di Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang; (2) Menganalisis perkembangan Kebun Raya Massenrempulu dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan Kebun Raya Massenrempulu 2004-2019; (3) Mengetahui bagaimana pemanfaatan Kebun Raya Massenrempulu dalam periode 2004-2019. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Historis, dengan menggunakan pendekatan Ekologis. Metode sejarah digunakan untuk mencari rekam jejak perjalanan Kebun Raya dari masa ke masa dengan mewawancarai berbagai pemangku kepentingan (Stockholder) yang terkait, jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara  seperti kepala Dinas Lingkungan Hidup, kepala pengelola kebun raya massenrempulu, dan beberapa Tokoh Masyarakat beserta Instansi-Instansi yang terkait. Sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari berbagai literatur seperti buku, maupun sumber lain yang terkait. Pengolahan dan penyajian data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) latarbelakang terbentuknya kebun raya Massenrempulu di kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang 2007, bermula ketika Pemerintah Kabupaten Enrekang Berkunjung ke Kantor Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Jakarta pada bulan juli 2004, sekaligus sebagai respon terhadap surat edaran Mantri Riset dan Teknologi No. 77/M/VII/2004 perihal himbauan ke seluruh Gubernur untuk merealisasikan pembangunan Kebun Raya di setiap Provinsi. (2) Perkembangan Kebun Raya Massenrempulu mulai dari tahun 2007-2019 terus mengalami kemajuan dan perbaikan, meskipun dalam perkembangannya terdapat beberapa kendala-kendala yang telah dialami sejauh ini. Sisi lain ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan Kebun Raya Massenrempulu seperti dukungan dari Pemerintah, baik itu Pemerintah Daerah Maupun Pemerintah Pusat, kerjasama degan LIPI, letak/lokasi yang strategis, luas wilayah dan SDM pengelola. (3) Saat ini keberadaan kebun raya massenrempulu telah bayak memberi manfaat kepada masyarakat, seperti manfaat Ekologi, manfaat Ekonomi, dan sebagai Asset Daerah.

Keywords


Perkembangan Kebun Raya Massenrempulu

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsii. 1993. Prosedur penelitian : suatu pendekkan praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Azhari, I.2016, Desember 26. Sejarah Tempat Wisata Kebun Raya Bogor Indonesia Lengkap. Retrieved September 02, 2020, From Iqbalazhari.Com: Https://Iqbalazhari.Com/Sejarah-Tempat-Wisata-Kebun-Raya-Bogor-Indonesia-Lengkap/

Badan Pusat 2018.Statistik,Kabupaten Enrekang Dalam Angka. pemerintah kabupaten Enrekang

Bagenda, M. 20011. Profil Kebun Raya. MASSENREMPULU: Lipi.

Bustamin,H.2020. Pengelolaan Kebun Raya Massenrempul. Enrekang

Fattah, Nanang. 2004. landasan managemen pendidikan. PT Remaja Rosd-akarnya.jakarta.

Gunawan, I. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Pt Bima Aksara.

Handayani, T., & Sugiarti. 2005. Konsep Dan Teknik Penelitian Gender. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang..

Hardani, Anriani , H., Utami, E. F., & Dkk. 2020. Metode Penelitian; Kualitatif Dan Kuantitaf. Yogyakarta: Cv. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Henrian, R. 2011. Pembaguan Kebun Raya Massenrempulu Enrekang (Krme). Enrekang: Pemerintah Kabupaten Enrekang Dan Pusat Konsevasi Tumbuha Kebun Raya Bogor.

Latunrung, L. (2011). Lima Tahu Kebun Raya Masenrengpulu Enrekang Sulawesi Selatan. In Lipi, Lima Tahu Kebun Raya Masenrengpulu Enrekang Sulawesi Selatan. Enreksng: Lipi.

Maryam, S. 2019, Agustus 30. Intip Sejarah Kebun Raya Bogor, Pernah Ditata Pemerintah Inggris. Retrieved September 02, 2020, From Pojoksatu: Https://Bogor.Pojoksatu.Id/Baca/Intip-Sejarah-Kebun-Raya-Bogor-Pernah-Ditata-Pemerintah-Inggris

Munawir,Teuku.2010. Rencana pengelolaan Langskap Kebun Raya Toledo, Ohio Amerika Serikat. skripsi .IPB

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2011 Tentang Kebun Raya.

Peraturan Bupati Enrekang Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Kebun Raya Massenrempulu Enrekang Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Dinas Kebutanan Kabupaten Enrekang.

Mustaming.2020,September 3.. Wawancara: Kepala Pegelola Kebun Raya Massenrempulu Enrekang. (R. Lahe, Interviewer)

Puspitaningtyas, D. M., & Hendriana, R. 2011. Liamata Tahun; Perkebunan Kebun Raya Massenrempulu Enrekang Sulawesi Selatan. Enrekang: Lipi.

Siregar, M. 2006-2007. Lima Tahun Pembangunan Kebun Raya Enrekang Sulawesi Selatan. In K. P. Bogor, Lipi (P. 02). Erekang: Lipi.

Sugiyono.2018. Metode Penelitian; Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta Cv.

Zuriah, N.2009. Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Jakarta: Pt Bima Aksars.


Article Metrics

Abstract view : 522 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: