Pengaruh Sarana Prasarana, Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa

Asriadi Asriadi(1*), Herman Herman(2), Bastiana Bastiana(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i3.24394

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana terhadap hasil belajar; pengaruh sarana prasarana terhadap motivasi belajar; pengaruh sarana prasarana terhadap hasil belajar; pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar; pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar; pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar; pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar; dan hubungan antara sarana prasarana dengan kreativitas siswa di SDN Gunungsari II Makassar. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi adalah siswa SDN Gunungsari II Makassar sebanyak 118 siswa. Sampel 73 responden menggunakan rumus Krejcie dan Morgan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif, verikatif, analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sarana prasarana tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar; (2) Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa; (3) Sarana prasarana berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (4) Kreativitas guru tidak berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (5) Kreativitas guru tidak berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa; (6) Kreativitas guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (7) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; dan (8) Terdapat hubungan yang cukup kuat antara sarana prasarana dengan kreativitas guru di SDN Gunungsari II Makassar. (3) Sarana prasarana berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (4) Kreativitas guru tidak berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (5) Kreativitas guru tidak berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa; (6) Kreativitas guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (7) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; dan (8) Terdapat hubungan yang cukup kuat antara sarana prasarana dengan kreativitas guru di SDN Gunungsari II Makassar. (3) Sarana prasarana berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (4) Kreativitas guru tidak berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (5) Kreativitas guru tidak berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa; (6) Kreativitas guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (7) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; dan (8) Terdapat hubungan yang cukup kuat antara sarana prasarana dengan kreativitas guru di SDN Gunungsari II Makassar.

Keywords


Sarana Prasarana , Kreativitas Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Al-Hajjaj, Yusuf Abu. 2010. 30 Kiat Meledakkan Kreativitas Anda Kreatif atau Mati. Surakarta: AlJadid

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: ArRuzz Media

Daryanto, 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Dimyati, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Gie, The Liang, 2002. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty. 2002), hlm. 45.

Hamalik, Oemar. 2001. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Hasbullah. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. rev.ed. Jakarta: Bumi Aksara

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Jihad, Asep & Haris, Abdul. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Maunah, Binti. 2009. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Teras

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rinneka Cipta.

Poerwanto, Budi. 2004. Hubungan Antara Kenyamanan, Kesejahteraan, dan Kreativitas Guru Dalam Proses Belajar Mengajarsi SLTP se-Kecamatan Pati: PPS Semarang. Bandung: Rosdakarya.

Rahayu, Sugi, 2004. Evaluasi Pembelajaran Administrasi. Diktat. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Pranada Media Group.

Sardiman, A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Algensindo.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Utami, Munandar. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijaya, Cece dan Tabrani Rusyan. 2011. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.


Article Metrics

Abstract view : 115 times | PDF view : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PIR My Stats

 

Phinisi Integration review editorial :