Pendampingan Sosial Terhadap Perempuan Penderita Kanker Dalam Komunitas Think Survive di Kota Makassar

Resty Rahayu Darmayanti(1*), Jumadi Jumadi(2), A. Octamaya Tenri Awaru(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i2.21539

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui mengapa perlu adanya pendampingan sosial terhadap perempuan penderita kanker dalam komunitas Think Survive di Kota Makassar. (2) Mengetahui tahapan-tahapan pendampingan sosial perempuan penderita kanker dalam komunitas Think Survive di Kota Makassar. (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat tahapan pendampingan sosial perempuan penderita kanker dalam komunitas Think Survive di Kota Makassar. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 11 orang yang ditentukan secara purposive sampling dengan kriteria anggota komunitas Think Survive yang sudah lama menjadi anggota minimal 2 tahun dan anggota yang pernah ikut kegiatan komunitas Think Survive minimal 3 kali. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Alasan perlunya pendampingan sosial terhadap perempuan penderita kanker dalam komunitas Think Survive di Kota Makassar yaitu pertama dari segi sosial, agar penderita kanker memiliki tempat sharing dengan orang-orang yang menderita penyakit serupa dan kedua yaitu dari segi psikologis, membantu para penderita memiliki semangat dan lebih memiliki motivasi (2) Tahapan-tahapan pendampingan sosial terhadap perempuan penderita kanker dalam komunitas Think Survive di Kota Makassar, diawali dari tahap persiapan, tahap assessment, tahap perencanaan, tahap performulasian, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (3) Faktor pendukung terdiri dari solidaritas yang tinggi, kegiatan yang positif serta semangat dan motivasi penderita kanker sedangkan faktor penghambat yaitu jarak tempat tinggal anggota komunitas.


Keywords


pendampingan, penderita kanker, komunitas Think Survive

Full Text:

PDF

References


Albertina, Nasri Lobo. 2008. Proses Pendampingan Wanita Pekerja Seks Komersial Dalam Upaya Pencegahan HIV/AIDS (Studi Kasus di Lokalisasi Tanjung Elmo Sentani oleh Perkumpulan Keluarga Berencana Papua). Diakses dari :http://lontar.ui.ac.id. Pada tanggal 10 September 2020 Jam 13.00 WITA.

Carol Thomas, dkk. 2002. Companions through cancer: the care given by informal carers in cancer contexts. United Kingdom: Institute for Health Research, Department of Applied Social Science, Lancaster University, Cartmel College.

Departemen Sosial RI. 2005. Pendoman Pendamping Pada Rumah Perlindungan Dan Trauma Center. Jakarta: Depsos RI

__________________. 2007. Pendoman Pendamping Pada Rumah Perlindungan Dan Trauma Center. Jakarta: Depsos RI

Indah, Yunita. 2010. Stop Kanker Panduan Deteksi Dini dan Pengobatan Menyeluruh Berbagai Jenis Kanker. Jakarta: Agro Media Pustaka.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2015. Profil Kesehatan pengidap kanker. Jakarta.

Priyono, H.B. 2016. Anthony Giddens: suatu pengantar. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Tobing, U. R. I. L, dkk.¬¬¬¬_____. Peran Relawan dalam Memberikan Pendampingan kepada Anak Penderita Kanker dan Keluarganya. Jakarta: Universitas Indonesia.

WHO. 2018. Breast cancer: Early diagnosis and screening. World Health Organizazion. Diakses dari https://www.who.int/cancer/prevention/diagnosis-screening/breast-cancer/en/ . 9 September 2020. Jam 20.00 WITA.

Wiryasaputra, Totok S. 2006. Ready to care: Pendampingan dan Konseling Psikologi. Yogyakarta: Galang Press.

Yayasan Kanker Indonesia. Tanpa Tahun. Tentang Kanker. Diakses dari http://yayasankankerindonesia.org/tentang-kanker/ . 17 Januari 2021. Jam 22.00 WITA.


Article Metrics

Abstract view : 255 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: