Kontribusi Parenting School Terhadap Hasil Belajar PPKN Peserta Didik Kelas V SD Negeri no. 25 Panaikang Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng

Kartini Kartini(1*), Andi Kasmawati(2), Sangkala Ibsik(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) universitas negeri makassar
(3) universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i2.21485

Abstract


:   Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk membuktikan dan mendeskripsikan kontribusi parenting school terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran PPKn di SD Negeri No. 25 Panaikang Kecamatan Bisappu Kabupaten Bantaeng. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah parenting school dan variabel terikat penelitian adalah hasil belajar PPKn siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No. 25 Panaikang Kecamatan Bisappu Kabupaten Bantaeng sebanyak 50 siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian dengan pertimbangan jumlah populasi yang kurang dari 100 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh orang tua siswa dan dokumentasi dengan melihat nilai PPKn siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Terdapat kontribusi yang diberikan oleh parenting school terhadap hasil belajar PPKn Peserta Didik Kelas V SD Negeri No. 25 Panaikang Kecamatan Bisappu Kabupaten Bantaeng. Hal tersebut berdasarkan hasil uji korelasi product moment pada penelitian ini yaitu ğ‘…â„Ži𝑡𝑢𝑛g 0,467 lebih besar daripada nilai ğ‘…ğ‘¡ğ‘Žğ‘ğ‘’ğ‘™ 0,279 Berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai 0,467 yang masuk dalam kategori hubungan sedang, dan berdasarkan perhitungan garis regresi didapatkan hasil Y = 52,5988 + 0,640 yang dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang positif karena nilai konstanta a adalah + 0,640. Hasil tersebut diartikan bahwa nilai parenting school bertambah 1 poin maka akan menambah nilai hasil belajar siswa sebanyak 0,640 serta nilai koefisien determinasi 21,8% yang berarti parenting school memberikan kontribusi sebesar 21,8% terhadap hasil belajar siswa PPKn siswa kelas V SD Negeri No. 25 Kecamatan Bisappu Kabupaten Bantaeng.

Keywords


Kontribusi, Parenting School, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD, Dirjen Pendidikan Nonformal dan Informal.

Djamarah.S.B.dkk. 2006. Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2011.

Desentralisasi dan partisipasi masyarakat dalam pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Minke, K. M., & Anderson, K. J. 2005.

Family-school collaboration and positive behavior support. Journal of Positive Behavior Interventions, 7(3), 181.

Papalia, Diane. 2009. Human development. Jakarta: Salemba Humanika.

Purwanto. 2007. Psikologi pendidikan remaja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahman, Bujang. 2014. Kemitraan Orang Tua Dengan Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Progresif. Vol 4 No. 2

Septiari, Beti Bea (2012) Infeksi Nosokomial. Jakarta: Nuha Medica.

Yusniyah. 2008. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal vol. 7 No. 2 Juli- Desember Pendidikan Dasar Unnes. Semarang.


Article Metrics

Abstract view : 98 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PIR My Stats

 

Phinisi Integration review editorial :