Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tolitoli
(1) Universitas Madako Tolitoli
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i1.19378
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tolitoli.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tolitoli dan masyarakat. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tolitoli dikaji menggunakan teori Zeithaml dkk (Hardyansyah 2011;46-47). Berdasarkan Dimensi bukti fisik (tangible) fasilitas pendukung layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tolitoli belum memadai dan memuaskan masyarakat. hal ini dikarenakan kurangnya fasilitas yang di sediakan untuk perlengkapan penunjang pelayanan, Dimensi kehandalan (reliability) pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tolitoli masih kurang handal dalam menyelesaikan produk layanan. Terkadang waktu yang ditentukan dalam menyelesaikan proses layanan tidak sesuai dengan batas waktu yang sudah ditetapkan, Dimensi daya tanggap (responsiviness) pegawai merespon hal-hal yang di tanyakan masyarakat dan memberi pengarahan terkait dengan pertanyaan tersebut, jaminan (assurance) berupa kemudahan layanan dan jaminan keamanan kepada masyarakat yang mengajukan permohonan layanan, empati (empaty) sikap petugas yang ramah dalam mengadapi permintaan, kritik, dan saran yang diberikan oleh masyarakat
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Assegaf, F., 2009 Proses produksi Bioetanol Bonggol Pisang (Musa Paradisiacal) menggunakan metode Hidrolis Asam Enzimatis. Universitas Jenderal Soedirman.
Basrowi, dan Suwandi, 2008, Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta.
Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media
Harsono, 2008. Pengelolaan Perguruan Tinggi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Miles dan Huberman, 2009. CetakanI, Analisis data Kualitatif: IndonesiaUI Pres.
Riyanto. 2009 Pegembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Dekstop dan Web. Gava Media. Yogyakarta.
Sugiyono. 2014. Metode PenelitianPendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang No. 24 Tahun 2013, TentangAdministrasi Kependudukan.
Article Metrics
Abstract view : 432 times | PDF view : 58 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: