Modal Sosial Petani Dalam Peningkatan Produktifitas Pertanian Di Kelurahan Biraeng Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkep

Besse Wulandari Aziz(1*), M. Tahir Kasnawi(2), Sakaria Sakaria(3),

(1) Universitas Hasanuddin
(2) Universitas Hasanuddin
(3) Universitas Hasanuddin
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i1.19356

Abstract


Modal sosial sangat berperan penting dalam peningkatan produktifitas pertanian. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan potensi modal sosial dan konstribusi modal sosial petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian di Kelurahan Biraeng Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkep. Adapun penelitian ini merupakan gabungan antara kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner, wawancara, kajian pustaka dan dukumentasi. Teknik analisis data berbentuk data primer dengan menggunakan strategi tiangulasi konkuren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi modal sosial petani Kelurahan Biraeng tinggi. Hal ini di uraian dari dua variabel bebas yakni variabel jaringan yang ditunjukkan dengan meluangkan waktu berinteraksi dengan organisasi (kelompok tani) sebesar 72,00 %, dan variabel norma sosial yang ditunjukkan dengan adanya kedisplinan dalam membayar pinjaman sebesar 82,00 %. Artinya, kepercayaan (trust), jaringan, dan norma sosial yang merupakan bagian dari modal sosial petani sebesar satu satuan akan meningkatkan produktivitas pertanian sebesar satu satuan pula, begitu juga sebaliknya. Sehingga dengan kepercayaan yang baik antar petani dan unsur-unsur yang ada dalam masyarakat, serta tidak terlepas dari nilai-nilai dan norma sosial yang sudah diyakini sebagai aturan yang mengikat dan mengatur tatanan hidup bermasyarakat. Selain itu, adanya konstribusi modal sosial petani yang beroperasi, maka berdampak pada musim yang terjadi dan penggunaan sistem pengairan yang mencapai 100 %. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa modal sosial petani berpengaruh positif terhadap produktivitas pertanian di Kelurahan Biraeng yang ditunjukkan oleh T Statistik = 2,2823 > t – Tabel = 2,01290.

Keywords


Kepercayaan, jaringan, norma sosial, modal sosial, produktivitas

Full Text:

PDF

References


Creswell. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Coleman, J.S. (2009) Social Capital in the Creatian of Human Capital in P. Dasgupta and I. Serageldin (Ed). Social Capital: A Multi faceted Perpective. Washington, DC: The World Bank.

Field, John. 2011. Modal Sosial. Cetakan Ke-2.PT. Kreasi Wacana.

Hanafist, 2013. Sejarah Perkembangan Pembangun Pertanian diIndonesia. (Online),(http://mhmmp.blogspot.co.id/2015/08/sejarah-perkembangan pembangunan.html, diakses 24 Agustus 2016)

Hadisapoetro, 1973. Pembangunan Pertanian. FP UGM Press. Yogyakarta.

Hawkins, 1999. Penyuluhan Pertanian. Cetakan ke-15. PT. Kanisius (Anggota IKAPI).

Jamaludin,Nasrullah, Adon. 2015. Sosiologi Pedesaan. Cetakan Pertama. Bandung: CV Pustaka Setia.

Marwanto, 2014. Statistik Daerah Kecamatan Minasate’ne 2014. BPS. Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Malik, Imam. 2015. Modal Sosial Petani Cengkeh dalam Mendukung Usaha Pertanian Tanaman Cengkeh (Studi Kasus di Desa Ketanda Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas). (Online), (http://lib.unnes.ac.id/20609/1/3401411015-S.pdf, Diakses 25 September 2016)

Nugroho dkk., 2006. Dampak Kebijakan Pembangunan Pertanian Terhadap Pengentasan Kemiskinan Di Indonesia. Tesis yang diterbitkan. Bogor: Sekolah Pascasarjana Ilmu Ekonomi Pertanian – Institut Pertanian Bogor.

Pranadji T. 2006. Penguatan Modal Sosial Untuk Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan dalam Pengelolaan Agroekosistem Lahan Kering. Studi Kasus: Desa-desa (Hulu DAS) ex Proyek Bangunan Lahan Kering, Kabupaten Boyolali. Jurnal Agro Ekologi Vol. 24 No.2. (Online).diakses 24 Juli 2017). Dapat diunduh di: http://pse.litbang.deptan.go.id/ind/pdffiles/JAE%2024-2d.pdf

Sawitri, Soepriadi. (2014) Modal Sosial Petani dan Perkembangan Industri. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota Vol. 25 No. 1. (Online),

( http://journals.itb.ac.id/index.php/jpwk/article/view/1739, diakses 24 Juli 2017)

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: PT. Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 717 times | PDF view : 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PIR My Stats

 

Phinisi Integration review editorial :