Pengaruh Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat dan Prestasi Akademik Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa

Harti Oktarina(1*),

(1) STKIP Pembangunan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i1.19341

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh program praktik pengalaman lapangan (PPL), minat, dan prestasi akademik terhadap kesiapan menjadi guru professional pada mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP Pembangunan Indonesia. Sampel sebanyak 158 responden dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Sebelum angket digunakan, telah diuji terlebih dahulu dan hasil pengujian mengatakan bahwa angket tersebut valid dan reliabel. Dari hasil pengujian  yang diperoleh baik secara simultan maupun parsial variabel bebas (program praktik pengalaman lapangan (PPL), minat dan prestasi akademik) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru professional pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP Pembangunan Indonesia. Hal tersbut ditandai thitung > ttabel dimana hasil uji t variabel PPL (X1) sebesar 2,099 > ttabel sebesar 1,97549 dan pada variabel minat (X2) diperoleh nilai thitung 2,249 > ttabel (1,97549), serta pada variabel prestasi akademik diperoleh nilai thitung > ttabel (3,940 > 1,97549) dan hasil Uji F menunjukkan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (3,929 > 2,66).

Keywords


PPL; Minat; Prestasi Akademik; Kesiapan Menjadi Guru

Full Text:

PDF

References


Cucun sunaengsih, Dede tatang sunarya. 2018. Pembelajaran Mikro. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Maipita, Indra, and Tri Mutiara. 2018. “Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Praktik Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Medan.” Jurnal Ekonomi Pendidikan 8(September):34–43.

Moh. Zaiful Rosyid, Mustajab, Aminol Rosid Abdullah. 2019. Prestasi Belajar. edisi pert. Literasi Nusantara.

Nisfiannoor, Muhammad. 2009. Pendekatan Statistika Modern Untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Praptiana, Yurike. 2017. “PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL), MINAT DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONAL MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.” UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Prastyono. 2016. “PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO.” UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO.

Saputra, Muhammad Ghani. 2013. Hubungan Minat Menjadi Guru Dan Pengalaman PPL Dengan Kesiapan Menjadi Guru Pendidikan Jasmani Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Angkatan 2009 FIK-UNY. Yogyakarta.

Sudarmanto, R. Gunawan. 2013. STATISTIK TERAPAN BERBASIS KOMPUTER (Dengan Program IBM SPSS Statistics 19). Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Yulianto, Aditya, and Muhammad Khafid. 2016. “PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL), MINAT MENJADI GURU, DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU YANG PROFESIONAL.” Economic Education Analysis Journal 5(1):100–114.


Article Metrics

Abstract view : 471 times | PDF view : 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PIR My Stats

 

Phinisi Integration review editorial :