Pola Perilaku Menyimpang Peserta Didik di SDN 350 Kahaya Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba

Andi Asriani(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i1.19339

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pola perilaku menyimpang Siswa di SDN 350 Kahaya Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku menyimpang Siswa diSDN 350 Kahaya Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba serta mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa di SDN 350 KahayaKecamatanKindang Kabupaten Bulukumba.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptifkualitatif, yaitu suatu proses pengumpulan data secara sistematis dan intensifuntuk memperoleh pengetahuan dan informasi. Maka dalam penelitian inipeneliti mengamati dan berinteraksi dengan wali kelas,   dan siswa-siswi SDN 350 KahayaKecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba dengan wawancara dan mencari data dengan mengkaji dokumentasinya.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwabentuk-bentuk penyimpangan yang dilakukan siswa di SDN 350 KahayaKecamatanKindang Kabupaten Bulukumba antara lain: berkelahi, bolos, keluyuran. Faktor-faktor yang mempengaruhi pola perilaku siswa di SDN 350 Kahaya Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba antara lain adanya masalah dalam keluarga, kondisi sosial ekonomi keluarga, faktor lingkungan pergaulan dan faktor internal dalam diri siswa. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa di SDN 350 KahayaKecamatanKindang Kabupaten Bulukumba, pihak sekolah memberikan sanksi-sanksi khusus sesuai dengan peraturan yang telah ada. Sanksi yang paling sering digunakan untuk mengatasi masalah penyimpangan yang dilakukan siswa adalah pemanggilan orang tua ke sekolah dan memberikan pembinaan kepada siswa yang bersangkutan.

Keywords


pola perilaku menyimpang, Siswa.

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Cet. VIII. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Zakiah. 1968. Membina Nilai-Nilai Moral Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang.

Fitri, Agus Zaenul. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gerungan. 2004. Psikologi Sosial. Bandung. Refika Ditama

Gunarsa, Ny. Singgih. 2003. Psikologi Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Kartono, Kartini. 1998. Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Mulyono, Y. Bambang. 1993. Pendekatan Analisis Kenakalan Remaja dan Penanggulangannya. Penerbit Kanisus: Yogyakarta.

Nawawi, Hadari. 1998. Metode Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Sadli, Saparinah. 1976. Persepsi Sosial Mengenai Perilaku Menyimpang. Jakarta: Bulan Bintang.

Santoso, Topo dan Zulfa, Eva A. 2005.Kriminologi.Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Sarwono, Wirawan. 1998. Psikology Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sekarningsih, Renny. 1983. Pengantar Pekerjaan Sosial. Bandung: UNPAD

Soekanto, Soerjono. 1988. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitiatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sunarto. 2004. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Pratama Rahardja.

Suyanto, Bagong dan J. Dwi Narwoko (ed). 2006. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan , Jakarta: Kencana

Taniputra, Ivan. 2005. Psikologi Kepribadian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wardati dan Mohammad Jauhar.2011. Implementasi Bimbingan Konseling dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Marwati, Dwi. 2005. “IMPLEMENTASI KURIKULUM Kurikulum SMK Edisi 2004 Melalui Pendekatan Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Matadiklat Siklus Akuntansi (Studi Kasus di SMK Yapek Gombong Kabumen Tahun Pelajaran 2004/2005)”. Skripsi S1. Univesitas Negeri Semarang.


Article Metrics

Abstract view : 449 times | PDF view : 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: