Pengaruh Model Pembelajaran Murder Terhadap Self Efficacy dan Kuriositas Peserta Didik dalam Pembelajaran Ekonomi
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i1.19337
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afnita., Ratna, E. & Juvrizal..2013. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 1 No. 2 Maret 2013; Seri E 318 – 398
Anggraini, B.L.S., Wendra, W., & Putrayasa, I.B. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif MURDER Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Kelas X IPB Di Madrasah Aliyah Negeri Patas Tahun Ajaran 2016-2017 e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksha Volume: 7 Nomor 2 Tahun: 2017
Djufri1, E., Ardhian, T., & Rezkita, S. 2018. Pengaruh Subject Specific Pedagogy IPA Berbasis Lab Work Terhadap Sikap Rasa Ingin Tahu dan Teliti Siswa Wacana Akademika Volume 2 Nomor 2 Tahun 2018
Izzati, N. 2016. Meningkatkan Kemampuan Analisis Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kajian Pembelajaran Matematika Modern Melalui Pembelajaran Kolaboratif MURDER (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon) Jurnal EduMa Volume 5 Nomor 1 Juli 2016 ISSN 2086 – 3918
Jatisunda, M, G. 2017. Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) Volume 1 Nomr 2 Halaman 24-30.
Mardhiyana, D. 2017. Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Mahasiswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Evaluasi Proses Dan Hasil Pembelajaran Matematika Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika p.ISSN:2303-3983 e.ISSN:2548-3994 Volume 5 Nomor 1 Januari 2017 Hal. 1–8
Minarti, E.D., & Nurfauziah, P. 2016. Pendekatan Konsturktivisme Dengan Model Pembelajaran Generatif Guna Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan KoneksiMatematis Serta Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru Di Kota Cimahi Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, Volume 3 Nomor 2 November 2016
Muhid, A & Mukarromah, A. 2018. Pengaruh Harapan Orang Tua dan Self-Efficacy Akademik terhadap Kecenderungan Fear of Failure pada Siswa: Analisis Perbandingan Antara Siswa Kelas Unggulan dan Siswa Kelas Reguler. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran HukumIslam. Volume X Nomor 1Tahun 2018 Halaman 31-48. ISSN: 1978-4767
Muldayanti, 2013. Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT ditinjau dari Keingintahuan dan Minat Belajar Siswa Jurnal Pendidikan Ipaindonesiahttp://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Jpii Jpii Volume 2 Nomor1tahun 2013 Halaman 12-17
Pantiwati. 2014. Hakekat Assessmen Autentik dan Penerapannya Dalam Pembelajaran. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) Volume 1 Nomor 1 Maret 2013 ISSN : 2337-9049
Pardimin. 2018. Self Efficacy Matematika dan Self Efficacy Mengajar Matematika Guru Matematika Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 24, Nomor 1, Juni 2018, Halaman. 29-37
Putri., Khanafiyah & Susanto, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Snowball Throwing Untuk Mengembangkan Karakter Komunikatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP Unnes Physics Education Journal Http://Journal.Unnes. Ac.Id/ Sju/Index. Php/Upej Upj Volume 3 Nomor 1Tahun 2014
Raharja, S., Wibhawa, M.R., & Lukas, S. 2018. Mengukur Rasa Ingin Tahu Siswa (Measuring Students’ Curiosity) A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT Volume 14 Nomor 2 Juli 2018
Rustanto, A.E. 2016. Kepercayaan Diri dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karir Mahasiswa Di Politeknik LP3I Jakarta Kampus Jakarta Utara Jurnal Lentera Bisnis Volume 5 Nomor 2 November 2016 ISSN 2252-9993
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta ISBN 979 8433 71 8
Uno. B. Hamzah. 2012. Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Warouw, W.S., Hadjar, I., & Hamid, A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MURDER Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 6 Palu Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5 Nomor 2, September 2016
Utami, R.W & Wutsqa, D.U. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 4 Nomor 2 Tahun 2017 Halaman 166-175
Setiyaningsih, I. Nugroho, A.S. & Prasetiyo. 2015. Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran Inquiry Terhadap Curiosity dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Sistem Koordinasi Kelas XI SMAN 1 Kayen Prosiding ISBN:978-602-99975-1-4 Semnas Sains & Entrepreneurship Ii Agustus 2015 Halaman333-341
Setiyowati, E. A. & Pramukantoro. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif MURDER Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Inti Teknik Elektronika Di SMK Negeri 1 Nganjuk Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.Volume 03 Nomor 01 Tahun 2014Halaman 155 – 162
Ernavia. 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran MURDER Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi FPB dan KPK Dari Bilangan Bulat Di Kelas VI SD Negeri KM 5 Teladan Baru T. P 2016/2017 Jurnal Media Inovasi Edukasi Volume 04, Nomor 13 April 2018
Puspitasari, M.T., Santoso, S. & Muchsini, B. 2015. Upaya Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Metode Snowball Throwing Pada Siswa SMK Muhammadiyah 3 Gemolong Jurnal “Tata Arta” Uns, Volume 1 Nomor 1 Tahun 2015 Halaman. 31-39
Article Metrics
Abstract view : 516 times | PDF view : 121 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: