Pengaruh Model Pembelajaran Murder Terhadap Self Efficacy dan Kuriositas Peserta Didik dalam Pembelajaran Ekonomi

Ernawati Ernawati(1*), Herman Herman(2), Inanna Inanna(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v4i1.19337

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran MURDER Terhadap Self Efficacy dan Kuriositas  Peserta Didik dalam Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 23 Bone Kabupaten Bone. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Melibatkan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 23 Bone dengan populasi penelitian ini adalah 51 siswa kelas XI IPS, dipilih secara Purposive Sampling yaitu siswa kelas XI IPS I berjumlah 27 orang sebagai kelas Kontrol dan kelas XI IPS II berjumlah 24 orang sebagai kelas Eksperimen, pengambilan data menggunakan Kuesioner dan tes uraian sebagai hasil belajar dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen yaitu nilai Pre-Test 70,46 dan setelah diberikan perlakuan atau teratmen model pembelajaran MURDER meningkat mencapai 88,92 nilai Post Test. Sedangkan rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol yaitu nilai pre-test 73,70 kemudian Post Test 89,04. Berdasarkan output test statistics dalam uji-t dengan menggunakan pengujian dua arah (Two Tail) dapat disimpulkan bahwa nilai Sig. sebesar 0.000 < 0.05 berarti, H1 di terima dan H0 di tolak sebagaimana dasar pengambilan keputusan uji-t. Berdasarkan hasil Tes uraian dan lembar pengamatan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER terhadap Self Efficacy dan Kuriositas peserta didik dalam pembelajaran ekonomi

Keywords


Model Pembelajaran; MURDER; Self Efficacy; Kuriositas Siswa

Full Text:

PDF

References


Afnita., Ratna, E. & Juvrizal..2013. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 1 No. 2 Maret 2013; Seri E 318 – 398

Anggraini, B.L.S., Wendra, W., & Putrayasa, I.B. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif MURDER Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Kelas X IPB Di Madrasah Aliyah Negeri Patas Tahun Ajaran 2016-2017 e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksha Volume: 7 Nomor 2 Tahun: 2017

Djufri1, E., Ardhian, T., & Rezkita, S. 2018. Pengaruh Subject Specific Pedagogy IPA Berbasis Lab Work Terhadap Sikap Rasa Ingin Tahu dan Teliti Siswa Wacana Akademika Volume 2 Nomor 2 Tahun 2018

Izzati, N. 2016. Meningkatkan Kemampuan Analisis Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kajian Pembelajaran Matematika Modern Melalui Pembelajaran Kolaboratif MURDER (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon) Jurnal EduMa Volume 5 Nomor 1 Juli 2016 ISSN 2086 – 3918

Jatisunda, M, G. 2017. Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) Volume 1 Nomr 2 Halaman 24-30.

Mardhiyana, D. 2017. Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Mahasiswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Evaluasi Proses Dan Hasil Pembelajaran Matematika Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika p.ISSN:2303-3983 e.ISSN:2548-3994 Volume 5 Nomor 1 Januari 2017 Hal. 1–8

Minarti, E.D., & Nurfauziah, P. 2016. Pendekatan Konsturktivisme Dengan Model Pembelajaran Generatif Guna Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan KoneksiMatematis Serta Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru Di Kota Cimahi Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, Volume 3 Nomor 2 November 2016

Muhid, A & Mukarromah, A. 2018. Pengaruh Harapan Orang Tua dan Self-Efficacy Akademik terhadap Kecenderungan Fear of Failure pada Siswa: Analisis Perbandingan Antara Siswa Kelas Unggulan dan Siswa Kelas Reguler. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran HukumIslam. Volume X Nomor 1Tahun 2018 Halaman 31-48. ISSN: 1978-4767

Muldayanti, 2013. Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT ditinjau dari Keingintahuan dan Minat Belajar Siswa Jurnal Pendidikan Ipaindonesiahttp://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Jpii Jpii Volume 2 Nomor1tahun 2013 Halaman 12-17

Pantiwati. 2014. Hakekat Assessmen Autentik dan Penerapannya Dalam Pembelajaran. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) Volume 1 Nomor 1 Maret 2013 ISSN : 2337-9049

Pardimin. 2018. Self Efficacy Matematika dan Self Efficacy Mengajar Matematika Guru Matematika Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 24, Nomor 1, Juni 2018, Halaman. 29-37

Putri., Khanafiyah & Susanto, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Snowball Throwing Untuk Mengembangkan Karakter Komunikatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP Unnes Physics Education Journal Http://Journal.Unnes. Ac.Id/ Sju/Index. Php/Upej Upj Volume 3 Nomor 1Tahun 2014

Raharja, S., Wibhawa, M.R., & Lukas, S. 2018. Mengukur Rasa Ingin Tahu Siswa (Measuring Students’ Curiosity) A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT Volume 14 Nomor 2 Juli 2018

Rustanto, A.E. 2016. Kepercayaan Diri dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karir Mahasiswa Di Politeknik LP3I Jakarta Kampus Jakarta Utara Jurnal Lentera Bisnis Volume 5 Nomor 2 November 2016 ISSN 2252-9993

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta ISBN 979 8433 71 8

Uno. B. Hamzah. 2012. Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Warouw, W.S., Hadjar, I., & Hamid, A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MURDER Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 6 Palu Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5 Nomor 2, September 2016

Utami, R.W & Wutsqa, D.U. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 4 Nomor 2 Tahun 2017 Halaman 166-175

Setiyaningsih, I. Nugroho, A.S. & Prasetiyo. 2015. Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran Inquiry Terhadap Curiosity dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Sistem Koordinasi Kelas XI SMAN 1 Kayen Prosiding ISBN:978-602-99975-1-4 Semnas Sains & Entrepreneurship Ii Agustus 2015 Halaman333-341

Setiyowati, E. A. & Pramukantoro. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif MURDER Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Inti Teknik Elektronika Di SMK Negeri 1 Nganjuk Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.Volume 03 Nomor 01 Tahun 2014Halaman 155 – 162

Ernavia. 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran MURDER Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi FPB dan KPK Dari Bilangan Bulat Di Kelas VI SD Negeri KM 5 Teladan Baru T. P 2016/2017 Jurnal Media Inovasi Edukasi Volume 04, Nomor 13 April 2018

Puspitasari, M.T., Santoso, S. & Muchsini, B. 2015. Upaya Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Metode Snowball Throwing Pada Siswa SMK Muhammadiyah 3 Gemolong Jurnal “Tata Arta” Uns, Volume 1 Nomor 1 Tahun 2015 Halaman. 31-39


Article Metrics

Abstract view : 253 times | PDF view : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PIR My Stats

 

Phinisi Integration review editorial :