Meningkatkan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving: Upaya peningkatan kemampuan berfikir kritis Melalui Kegiatan Supervisi Akademik di SMA Negeri 1 Nunukan
(1) SMA Negeri 1 Nunukan
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.16106
Abstract
Abstrak. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan (1) kemampuan guru mata pelajaran dalm menyusun RPP Model pembelajaran problem solving melalui kegiatan suvervisi akademik; (2) kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran problem solving sebagai upaya meningkatkan kemampuan berifikir kritis siswa melalui kegiatan supervisi akademik. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dua siklus dengan tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, penelitian melibatkan 5 guru SMA N 1 Nunukan. Hasil penelitian Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP Model pembelajaran dari pra siklus dengan nilai 62,90 atau berada pada kategori kurang, kemudian di siklus I sebesar 77,27% dengan kategori cukup dan terjadi peningkatan hingga siklus II sebesar 95,11% dengan kategori Baik; (2) Penerapan metode pembelajaran problem solving melalui kegiatan akademik secara klinis dapat meningkatkan model pembelajaran guru karena dari pencapaian mulai dari pra siklus 31,46 % masih berada pada kategori kurang, di siklus I pencapaian sebesar 71,02% dengan kategori cukup dan terjadi peningkatan signifikan pada siklus II sebesar 91,50 atau dengan kategori baik. Keberhasil guru dalam mengimplementasikan metode pembelajaran akan membuat siswa memiliki sikap kritis dalam belajar mata pelajaran sains, yang berdampak pada peningkatan hasil belajarnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Awang, I.S. (2015). KESULITAN BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 6(2). 108-122
Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara
Departemen Pendidikan Nasional. (2005) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan, Jakarta
Goodenow,C & Grady, Kathleen E.(2010). The Relationship of School Belonging and Friends' Values to Academic Motivation Among Urban Adolescent Students. The Journal of Experimental Education. 62(1):60-71
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kusumawati, E & Rizki,N.D. (2014). Pembelajaran matematika melalui strategi react untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smk. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. 2(3). 260-270.
Kurnaidi, Purba.S, Ambarita, E. (2015). UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN GURU BIOLOGI MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI SUPERVISI AKADEMIK MODEL KLINIS DI SMA DAN SMK KECAMATAN PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN. Jurnal Pendidikan dan Kepengawasan. 2(2), 28-40
Layyinah,L. (2017). MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN FUN LEARNING BASED ON SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI. TARBAWY. 4(1). 1-9
NINGSIH, I. (2019). Peran Guru Dalam Pembelajaran Menulis Permulaan Menghadi Abad 21. BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 3(1), 38-43. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um007v3i12019p038
Paoji,A.M. (2017). Membina Kedisiplinan Guru Dalam Melaksanakan Tugasnyasebagai Agen Pembelajaran Melalui Supervisi Akademikdi Ma Maarif Kabupaten Garut. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia. 2(6). 1-8
Sanjaya,W. (2016). Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.
Syofyan, H & Halim,A. (2016). PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU &CALL FOR PAPERSUNISBANK (SENDI_U). KE-2 Tahun 2016. Universitas Stikubank Semarang. Semarang. pp 966-976.
Sudjana, Nana. (2012). Supervisi Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah. Bekasi: Binamitra-Publishing
Pemerintah Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara RI Tahun 2005. Sekretariat Negara. Jakarta
L.S. Wilton, J.J. Good, C.A. Moss-Racusin, D.T. Sanchez Communicating more than diversity: The effect of institutional diversity statements on expectations and performance as a function of race and gender. Cultural Diversity and Ethnic Minority Psychology, 21 (2015), pp. 315-325, 1
Velasco Leon, A., & Campbell, M. (2020). Assessment of academic difficulties in culturally and linguistically diverse school students. Journal of Psychologists and Counsellors in Schools, 30(1), 25-42. doi:10.1017/jgc.2020.5 0.1037/a0037883
Zunidar,Z. (2019). Peran Guru Dalam Inovasi Pembelajaran. Nizhamiyah. 9(2).41-56
Article Metrics
Abstract view : 338 times | PDF view : 55 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: