Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di SMPN 3 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui: (i)implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMPN 3 Bontomarannu Kabupaten Gowa;(ii) faktor pendukung dalam implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMPN 3 Bontomarannu Kabupaten Gowa;dan (iii) faktor penghambat dalam implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMPN 3 Bontomarannu Kabupaten Gowa.Penelitian menggunakanjenis penelitiankualitatif dengan pendekatan deskriptif.Berdasarkansumbernya,jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui metode wawancara terhadap guru dan siswa serta dokumentasi dan observasi. Sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari berbagai literatur seperti buku, undang-undang maupun sumber lain yang berkaitan. Pengolahan dan penyajian data dilakukan secara deskriptif.Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: (i)Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di SMPN 3 Bontomarannu sudah berjalan namun pelaksanaannya belum maksimal. (ii) Faktor pendukung dalam mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter di SMPN 3 Bontomarannu adalah adanya kompetensi guru, kerjasama yang baik dari wali peserta didik, kurikulum sekolah yang sudah baik, serta pengawasan intens dari kepala sekolah. (iii) Faktor penghambat dalam mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter di SMPN 3 Bontomarannu adalah sarana dan prasarana, kualifikasi akademik guru yang tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan, adanya karakter yang berbeda-beda pada peserta didik serta kedisiplinan peserta didik yang masih rendah.
Abu Ahmadi dan Nur Ukhbiyanti.1991.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Agus Wibowo.2012.Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter BangsaPerperadaban.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dharma Kesuma.2013. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Huberman.2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press
Kurniawan Syamsul.2017. Pendidikan Karakter:Konsepsi dan Implementasi secara terpadu dilingkungan keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, Masyarakat.Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Kemendikbud. 2018. Infografis Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).
Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Teori Dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tohirim. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, Pendekatan Praktis Untuk Peneliti Pemula Dan Dilengkapi Dengan Contoh Transkrip Hasil Wawancara Serta Model Penyajian Data. Jakarta. Raja Grafindo Persada
H.Mangun Budiyanto.2010. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Griya Santri.
Sriwilujeng Dyah. 2017. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlingga.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.