Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah

Muhammad Zul Ahmadi(1*), Hasnawi Haris(2), Muhammad Akbal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971

Abstract


Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di SMPN 3 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui: (i)implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMPN 3 Bontomarannu Kabupaten Gowa;(ii) faktor pendukung dalam  implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMPN 3 Bontomarannu Kabupaten Gowa;dan (iii) faktor penghambat dalam implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMPN 3 Bontomarannu Kabupaten Gowa.Penelitian menggunakanjenis penelitiankualitatif dengan pendekatan deskriptif.Berdasarkansumbernya,jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui metode wawancara terhadap guru dan siswa serta dokumentasi dan observasi. Sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari berbagai literatur seperti buku, undang-undang maupun sumber lain yang berkaitan. Pengolahan dan penyajian data dilakukan secara deskriptif.Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: (i)Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di SMPN 3 Bontomarannu sudah berjalan namun pelaksanaannya belum maksimal. (ii) Faktor pendukung dalam mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter di SMPN 3 Bontomarannu adalah adanya kompetensi guru, kerjasama yang baik dari wali peserta didik, kurikulum sekolah yang sudah baik, serta pengawasan intens dari kepala sekolah. (iii) Faktor penghambat dalam mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter di SMPN 3 Bontomarannu adalah sarana dan prasarana, kualifikasi akademik guru yang tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan, adanya karakter yang berbeda-beda pada peserta didik serta kedisiplinan peserta didik yang masih rendah.

Keywords


Implementasi, Penguatan Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Nur Ukhbiyanti.1991.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.

Agus Wibowo.2012.Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter BangsaPerperadaban.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dharma Kesuma.2013. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Huberman.2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press

Kurniawan Syamsul.2017. Pendidikan Karakter:Konsepsi dan Implementasi secara terpadu dilingkungan keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, Masyarakat.Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Kemendikbud. 2018. Infografis Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Teori Dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tohirim. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, Pendekatan Praktis Untuk Peneliti Pemula Dan Dilengkapi Dengan Contoh Transkrip Hasil Wawancara Serta Model Penyajian Data. Jakarta. Raja Grafindo Persada

H.Mangun Budiyanto.2010. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Griya Santri.

Sriwilujeng Dyah. 2017. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlingga.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.


Article Metrics

Abstract view : 1341 times | PDF view : 573 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PIR My Stats

 

Phinisi Integration review editorial :