Stigma dan Perilaku Bullyng di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sinjai Utara

Nurfatmawati Nurfatmawati(1*), Syamsu Andi Kamaruddin(2), Ahmadin Ahmadin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14920

Abstract


Stigma dan Perilaku Bullying Di MAN 1 Sinjai Utara Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. (Di bimbing oleh Syamsu Andi Kamaruddin dan Ahmadin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bentuk stigma dan perilaku bullying di MAN 1 Sinjai Utara. Dan 2) Kebijakan sekolah mengatasi stigma dan perilaku bullying di MAN 1 Sinjai Utara. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan stigma dan perilaku bullying di MAN 1 Sinjai Utara, adapun teknik pengumpulan data yaitu melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data yaitu triangulasi sumber yaitu untuk mengkaji kredibilitas data yang dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber.  Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (i) Bentuk stigma dan perilaku bullying di MAN 1 Sinjai Utara meliputi tiga bentuk yaitu stigma dan perilaku bullying siswa jurusan IPA ke IPS, stigma dan perilaku bullying guru ke siswa jurusan IPS, pendapat siswa jurusan IPS terhadap guru yang melakukan stigma dan perilaku bullying terhadap siswa jurusan IPS. (ii) Kebijakan sekolah mengatasi stigma dan perilaku bullying di MAN 1 Sinjai Utara meliputi dua kebijakan yaitu pertama kebijakan pusat dalam hal ini kurikulum dan yang ke dua kebijakan sekolah.

Keywords


Stigma, Bullying; kebijakan sekolah; kurikulum

Full Text:

PDF

References


Castro, A., & Farmer, P. (2005). Understanding and addressing AIDS-related stigma: from anthropological theory to clinical practice in Haiti. American journal of public health, 95(1), 53-59.

Coloroso, B. (2006). Penindas, Tertindas, dan Penonton; Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU. Jakarta: Serambi ilmu pustaka.

Fachruddin, F. (2018). Kekerasan Simbolik di Sekolah. Sukma: Jurnal Pendidikan, 2(2), 311-327.

Gray, R. (2010). Shame, Labeling And Stigma: Challenges To Counseling Clients In Alcohol And Other Drug Settings. Contemporary Drug Problems, 37(4), 685-703.

Handayani, A, and N Anissa. “Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Istri Yang Tinggal Bersama Keluarga Suami.” Jurnal Psikologi Pitutur 1, no. 1 (2012).

Haryatmoko, M. K. B. P. (2003). Majalah Basis nomor 11-12. Tahun ke-52, November-Desember.

Martono, Nanang. 2012. Sosiologi Pendidikan Pengetahuan, Kekuasaan, Disiplin, Hukuman, dan seksualitas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 265 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: