Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Peningkatan Kompetensi Psikomotorik Dan Afektif Siswa
(1) Universitas negeri Makassar
(2) Universitas negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14422
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kurikulum 2013 dalam Peningkatan Kompetensi Psikomotorik siswa, dan Implementasi Kurikulum 2013 dalam Peningkatan Kompetensi Afektif siswa SMA Negeri 8 Maros. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purpose sampling, dengan kriteria guru yang aktif dan guru mengajar minimal 9 tahun ke atas di SMA Negeri 8 Maros. Jumlah informan sebanyak 5 orang guru yang masih aktif dan mengajar minimal 9 tahun ke atas dan guru yang mengajar pada mata pelajaran IPS di SMA Negeri 8 Mandai. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kurikulum 2013 dalam peningkatan kompetensi psikomotorik siswa di SMA Negeri 8 Maros terdiri dari tiga aspek dari guru yaitu (a) keterampilan berdiskusi, (b) keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan, (c) keterampilan mengerjakan tugas.
2) Implementasi kurikulum 2013 dalam peningkatan kompetensi afektif siswa di SMA Negeri 8 Maros yaitu dikelompokkan menjadi enam penilaian yaitu: (a) pemahaman materi pembelajaran dari guru, (b) motivasi belajar siswa, (c) penentuan dan penilaian sikap dar guru, (d) ikut serta dalam kegiatan organisasi, (e) sikap disiplin dan jujur di dalam kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustang, A. (2013). Telaah Kritis tentang Model pendekatan Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif.
Ansyar. (2015). Kurikulum ( hakikat, fondasi, desain dan pengembangan ). Kencana Prenademia Group.
Daryanto, A. dan. (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembeajaran Kurikulum. PT. Gava Media.
Fachrudin. (2018). Implementasi Kurikulum 2013. 3, 267.
Haling, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Haryati, M. (2009). model dan teknik Penilaian pada tingkat Satuan Pendidikan. Gaung Persada Press.
Hidayat, R. (2015). Pengantar Sosiologi Kurikulum. PT.Raja Grafindo Persada.
Karwono. (2017). Belajar dan Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Kurniasih, I. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum. Kata Pena.
Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi. Pustaka belajar.
Sugiyono. (2015). metode penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif ). Alfabeta.
Suheman. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani. volume 1.
Sunarti, R. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013. CV. Andi Offset.
Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, kognitif dan Psikomotor (2015th ed.). PT Raja Grafindo Persada.
Yunus, A. (2013). Desain Sistem Pembelajaran dalam Kompleks Kurikulum. Pt.Refika Aditama.
Article Metrics
Abstract view : 463 times | PDF view : 76 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: