Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Peningkatan Kompetensi Psikomotorik Dan Afektif Siswa

Nur Ghaniyu Amran(1*), Andi Agustang(2),

(1) Universitas negeri Makassar
(2) Universitas negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14422

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kurikulum 2013 dalam Peningkatan Kompetensi Psikomotorik siswa, dan Implementasi Kurikulum 2013 dalam Peningkatan Kompetensi Afektif siswa SMA Negeri 8 Maros. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purpose sampling, dengan kriteria guru yang aktif dan guru mengajar minimal 9 tahun ke atas di SMA Negeri 8 Maros. Jumlah informan sebanyak 5 orang guru yang masih aktif dan mengajar minimal 9 tahun ke atas dan guru yang mengajar pada mata pelajaran IPS di SMA Negeri 8 Mandai. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kurikulum 2013 dalam peningkatan kompetensi psikomotorik siswa di SMA Negeri 8 Maros terdiri dari tiga aspek dari guru yaitu (a) keterampilan berdiskusi, (b) keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan, (c) keterampilan mengerjakan tugas.

2) Implementasi kurikulum 2013 dalam peningkatan kompetensi afektif siswa di SMA Negeri 8 Maros yaitu dikelompokkan menjadi enam penilaian yaitu: (a) pemahaman materi pembelajaran dari guru, (b) motivasi belajar siswa, (c) penentuan dan penilaian sikap dar guru, (d) ikut serta dalam kegiatan organisasi, (e) sikap disiplin dan jujur di dalam kelas.


Keywords


Kurikulum, penilaian psikomotorik dan afektif

Full Text:

PDF

References


Agustang, A. (2013). Telaah Kritis tentang Model pendekatan Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif.

Ansyar. (2015). Kurikulum ( hakikat, fondasi, desain dan pengembangan ). Kencana Prenademia Group.

Daryanto, A. dan. (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembeajaran Kurikulum. PT. Gava Media.

Fachrudin. (2018). Implementasi Kurikulum 2013. 3, 267.

Haling, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Haryati, M. (2009). model dan teknik Penilaian pada tingkat Satuan Pendidikan. Gaung Persada Press.

Hidayat, R. (2015). Pengantar Sosiologi Kurikulum. PT.Raja Grafindo Persada.

Karwono. (2017). Belajar dan Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Kurniasih, I. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum. Kata Pena.

Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi. Pustaka belajar.

Sugiyono. (2015). metode penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif ). Alfabeta.

Suheman. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani. volume 1.

Sunarti, R. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013. CV. Andi Offset.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, kognitif dan Psikomotor (2015th ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Yunus, A. (2013). Desain Sistem Pembelajaran dalam Kompleks Kurikulum. Pt.Refika Aditama.


Article Metrics

Abstract view : 463 times | PDF view : 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: