Pergeseran Permainan Tradisional Di Kota Makassar
(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v3i1.13131
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2007). Analisis eksistensial sebuah pendekatan alternatif untuk psikologi dan psikiatri. Abstrak.
Bahtiar, N. (2013). Dampak Teknologi Permainan Modern Terhadap Kehidupan Anak dan Remaja di Kompleks Bumi Tamalanrea Permai (BTP) Makassar, Skripsi, Universitas Hasanuddin, Makassar. Pepen Suherman, Amir Fatah Sofyan.
Bungin, B. 2007. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta, Prenada Media Group
Bishop, J. C., Curtis, M., & Opie, I. (2001). Play today in the primary school playground: Life, learning and creativity. Open University Press Buckingham.
George, R. (2004). Sosiologi llmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Translation: Alimandan, Jakarta: PT Radjgrafindo Persada.
Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara
Hurlock, E.B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta, Erlangga
Iswinarti, I., & Cahyasari, A. (2017). Meningkatkan konsentrasi anak attention deficit hyperactivity disorder melalui permainan tradisional engklek.Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.
Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2011). Permainan tradisional sebagai media stimulasi aspek perkembangan anak usia dini. PAUDIA: JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 1(1).
Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Kencana.
Maryanti. 2014. Pelaksanaan Permainan Tradisional Dalam Mendukung Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain (KB) Alam Uswatun Khasanah, Kronggohan, Gamping, Sleman. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta
Marzoan, H. (2017). Permainan Tradisional sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Siswa. Journal An-nafs: Vol, 2(1).
Moleong, Lexi J. 2000. Metode Kajian Kualitatif. Jakarta, Remaja Rosdakarya
Nur, H. 2013. Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan 1
Priyanto, A. 2014. Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru "COPE", (2), 41-47)
Papayungan, M.M. 1992. Metode Penelitian Ilmu Sosial (Teori dan Praktek). Ujung Pandang, Pusat Kependudukan Universitas Negeri Makassar
Saputra, S.Y. 2017. Permainan Tradisional vs Permainan Modern Dalam Penanaman Nilai Karakter di SekolahDasar. ELSE (Elementary School Education Journal). 1. E-ISSN: 2597-4122
Santrock, J. W. (2007). Remaja jilid 1 edisi 11. Jakarta: Erlangga.
Sudono, A. (2000). Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan anak usia dini. Grasindo
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta
Tedi, W. (2015). Perubahan Jenis Permainan Tradisional Menjadi Permainan Modern pada Anak-Anak di Desa Ijuk Kecamatan Belitang Hulu Kabupaten Sekadau. Jurnal Sl Sosiologi, 3(4).
Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan. Grasindo.
Wulansari, B.Y. (2017). Pelestarian Seni Budaya Dan Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal, 2(1), 1-11.e-ISSN 2524-004X.
Article Metrics
Abstract view : 870 times | PDF view : 179 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: