Implementasi Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Studi Pada Desa Massamaturu Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar)

Sahrul Sahrul(1*), Mustari Mustari(2),

(1) SMP Negeri 4 Mappakasunggu
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu pola pembangunan di desa Massamaturu sebagai realisasi UU  No.6 Tahun 2014 dalam penanggulangan kemiskinan terkait pembangunan desa, untuk mengetahui pelaksanaan UU  No.6 Tahun 2014 terkait pembangunan desa tentang dampak terhadap penaggulangan kemiskinan di desa Massamaturu dan  untuk mengetahui faktor penentu dalam penaggulangan kemiskinan di desa Massamaturu melalui pelaksanaan UU  No.6 Tahun 2014 terkait pembangunan desa. Penelitian ini adalah penelitian mengunakan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisi data yang dilakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola pembangunan yang dilaksanakan di desa Massamaturu mengunakan pola pembangunan yang bersifat bottom – up yang dibuat berdasarkan kebutuhan, keinginan dan permasalahan yang muncul di masyarakat kemudian di akomodasi pemerintah daerah maupun pusat sebagai mata program dalam perencanaan pembangunan yang ada di Desa. Penanggulangan kemiskinan di desa Massamaturu merujuk pada kondisi, karakteristik dan kebutuhan masyarakat dengan program-program yang meliputi Prudes, badan usaha milik Desa, Embung Desa dan raga Desa. Pelaksanaan UU  No.6 Tahun 2014 pasal 78 ayat (1) berdampak positif  dan penurunan angka kemiskinan pertahun turun 3-4% dengan merealisasikan kebijakan-kebijakan yang lebih mengarahkan kepada kesejahtraan masyarakat dengan program memberikan pelatihan menjahit, penyuluhan pertaniaan, membagikan bibit unggul, memberikan alat pertukangan dan pertanian bagi kelompok tani yang ada di desa dan dapat dirasakan bagi semua masyarakat dengan baik. Faktor pendukung dalam penaggulangan kemiskinan di desa Massamaturu di antaraya: arah kebijakan pembangunan desa, perencanaan pembangunan desa, starategi pembangunan desa dan starategi pencapaian pembagunan desa (bidang ekonomi, pertanian, pendidikan, kesehatan, sarana prasarana, pemerintahan dan kerohanian). Faktor penghambat sumber daya manusia masih rendah karena mayoritas penduduk desa Massamaturu adalah petani.


Keywords


Undang-undang desa, Pembangunan, Kemiskinan

Full Text:

PDF

References


Hikmat. 2004. Jaman Daulat Rakyat: dari Otonomi Daerah ke Demokrasi. Yokyakarta: Lapera Pustaka utama.

Inu Kencana, IGN. 2004 . Kemiskinan di Indonesia dan Program IDT. Jakarta: Centre For Strategic and International Studes.

Kuncoro. 1997. Hukum Pemerintahan Desa :Dalam Konstitusi Indonesia Sejak Kemerdekaan Hingga Era Reformasi. Malang: Setara Press.

Nugroho. 1995. Teori Pembangunan dan Tiga Dunia. Diterjemahkan oleh Tim Redaksi Gramedia. Jakarta: PT Gramedia.

PPs UNM. 2017. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi Program Pascasarjana UNM. Universitas Negeri Makassar: PPs UNM.

Siti Fatimah. 2012. Pengantar Kesejahteraaan Sosial. Bandung: PT.Rafika Aditama.

Sumarto. 2003 .Utang, Kemiskinan dan Globalisai: pencarian Solusi alternatif. Yogyakarta: Lapera Pustaka Utama.

Sonntag et al. 2005. Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sondang P.Siagian . 1999 a. Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Mitra wacana media.

Sondang P.Siagian. 2015b. Ekonomi Pembangunan Daerah. Jakarta: Mitra wacana media.

Siti Irene, A. 2011. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suryawati. 2000 . Strategi pembangunan Dan Kemiskinan. Bandung: Rineka Cipta.

Undang- Undang RI nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. PDF (www.dpr.go.id, Diakses 25 Agustus 2018).

Lampiran Undang- Undang RI nomor 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang – Undangan, Teknik Penyusunan Naskah Akademik Rancangan Undang-Undang, Rancangan Peraturan Daerah Provinsi, dan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten. PDF (www.dpr.go.id, Diakses 25 Agustus 2018).




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i2.10087

Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

081241370423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh:

   

 

 

 

PIR My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.