Pengaruh Status Sosial Dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa

Ramdani Sidik(1*),

(1) Pendidikan IPS Kekhususan IPS Ke-Sdan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui apakah status sosial berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa SDN 8 Maccope Kabupaten Soppeng. (2) Untuk mengetahui apakah kondisi ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa SDN 8 Maccope Kabupaten Soppeng. (3) Untuk mengetahui apakah status sosial dan kondisi ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa SDN 8 Maccope Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV, V dan VI SDN 8 Maccope Kabupaten Soppeng yang berjumlah 106 siswa dan 106 orangtua siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan teknik probality atau penentuan yang mana setiap bagian ditarik sampel sebagian siswa yang nilai prestasinya dalam kategori rendah dan kategori tinggi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh yang positif antara status sosial dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV, V dan VI SDN 8 MaccopeKabupaten Soppeng. Kedua, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kondisi ekonomi orang tua dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV, V dan VI SDN 8 Maccope Kabupaten Soppeng. Ketiga,terdapat pengaruh yang positif secara bersama-sama antara status sosial dan kondisi ekonomi orang tua dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV, V dan VI SDN 8 Maccope Kabupaten Soppeng.


Keywords


Status sosial, kondisi ekonomi orang tua, dan prestasi belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Abdulsyani. 2014. Sosiologi Sistematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi, Abu. 2016. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta. Salemba Empat.

Andarias, Simanjutak. 2016. Pendapatan Perkapita Nasional. Jakarta: FE Universitas Indonesia.

Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI. Jakarta: BNSP.

Gunawan. 2015. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Mantra, Ida Bagus. 2015. Mobilitas Penduduk Sirkuler dari Desa ke Kota di Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.

Mueljono. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto. 2017.Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa. Https:// journal. uny. ac. id/ index. php/ jpv/ article/ view/ 1028. (diakses 29 Juni 2017).

Reni, Akbar. 2014. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo.

Sanusi. 2016. Kepemimpinan Pendidikan (Strategi Pembaruan, Semangat Pengabdian, Manajemen Modern. Bandung: Nuansa Cendakia.

Soetjiningsih. 2015. Teori-teori Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto, Kamanto. 2014. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Depdikbud.

Surakhmad, Winarno.2016. Pengantar Pendidikan Ilmiah. Bandung Tarsito.

Suyanto. 2013. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana.

Taniredja, Tukiran dkk. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i2.10085

Article Metrics

Abstract view : 15 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

081241370423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh:

   

 

 

 

PIR My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.